Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Sabtu, 30 Juli 2011

PTK SD 085 = Pd 550 : Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Strategi Merangkum Siswa Kelas IV SDN Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxxx 2009. Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Strategi Merangkum Siswa Kelas IV SDN Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. V. Teguh Suharto, M.Pd. (2) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menyimak, Strategi Merangkum.

Menyimak merupakan pembelajaran mats pelajaran Bahasa Indonesia yang harus dilaksanakan di SD. Sebab itu, penelitian tentang menyimak perlu dilakukan, karena siswa kelas IV SDN Widodaren 3, (1) belum memiliki keterampilan pembelajaran menyimak, (2) belum dapat menyampaikan bahan simakan dengan baik, (3) belum dapat memilah simakan mana yang bermakna dan yang tidak bermakna, (4) belum dapat mengingat bahan simakan dengan baik, (5) penyajian yang kurang menarik dan pelajaran yang membosankan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Strategi Merangkum siswa Kelas IV SDN Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadakan 2 siklus tindakan yaitu
1.      Tidakan perencanaan (planning),
2.      Tindakan pelaksanaan (acting),
3.      Tindakan pengamatan (observasi),
4.      Tindakan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian pada siklus I ke siklus II tentang peningkatan Kemampuan Menyimak melalui strategi merangkum Siswa SDN Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi adalah
1.      Hasil tindakan sebelum diadakan penelitian 41,25%.
2.      Hasil tindakan pada siklus I pencapaian rata-rata kelas menjadi 65,42% meningkat 24,17%.
3.      Hasil tindakan pada siklus II pencapaian rata-rata kelas menjadi 83,75% meningkat 18,33%.
Berdasarkan penelitian pada setup siklus di atas dapat disimpulkan bahwa acs geningkatan kemampuan menyimak melalui strategi merangkum siswa Kelas IV SD Widodaren 3, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Arif Nurgiyantoro.1994. Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: UGM.
Badudu. 1992. Mahir Berbahasa Indonesia & Petunjuk Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Dendy Sugono. 1995. Petunjuk Guru Lancar Berbahasa Indonesia 4. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata:
Depdikbud. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Draf Final. Jakarta: Depdiknas.
Hatta Muhamad Surapranata Sumarna. 2004. Penilaian potofolio, implementasi Kurikulum 2001. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Henry Guntur Tarigan. 1986. Menyimak. Bandung: Angkasa.
Leo Idra Ardiana, dkk. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Menyimak. Jakarta: direktur SUP, Dirjen Didasmen, Depdiknas.
Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Rochiati Wiraatmadja 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Supranata Sumarna. 2005. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implementasi, Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Suyadi, dkk.1998. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Pustekkom Depdikbud.
Tasai Arman Parera. 1995. Pintar Berbahasa Indonesia. Jakarta:
Depdikbud. W. Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Zakaria Badudu. 1991. Pandai Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Judul-judul PTK/SKRIPSI/TESIS  lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 


PTK SD 084 = Pd 542 : Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Negeri 01 Josenan Kecamatan Tamara Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxx. 2009. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Negeri 01 Josenan Kecamatan Tamara Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. V. Teguh Suharto, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan, Apresiasi Cerita, Cerita Pendek

Latar belakang penelitian ini diadakan adalah (1) selama ini interaksi belajar pada mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia cenderung konvesional, (2) interaksi belajar hanya sateu arah (guru dengan siswa) tanpa adanya umpan balik, (3) pengajaran masih berpusat pada guru, (4) Guru mendominasi kegiatan belajar mengajar, guru masih dianggap sebagai sumber ilmu atau sumber informasi yang dengan aktif, menjelaskan materi, sedang siswa pasif mendengarkan, mencatat, menerima materi tanpa aktif berpikir dan tanpa komentar atau mengemukakan pendapat, (5) Selama kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung guru jarang mengajak siswa untuk berdiskusi, baik secara individu maupun kelompok.
Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan mengapresiasikan cerita pendek siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Josenan, Kecamatan Taman, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 melalui model taba.
Pengumpulan data mengunakan nilai rata-rata ulangan sebagai hasil belajar yang mengacu pada standat ketuntasan belajar minimal (SKBM) siswa pada setiap siklusnya dan nilai keaktifan siswa dalam bertanya atau berpendapat dengan mengomentari pendapat siswa lain dalam menjawab pertayaan di LKS atau buku penunjang lainnya.
Dengan penerapan model Taba aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dapat dikatakan mengalami peningkatan, sehingga keadaan pembelajaran yang antusias dalam mengikuti pembelajaran yang semula 60 menjadi 66,67 %, keaktifan siswa dalam meranggapi pendapat dari teman yang semula 26,66 % menjadi 40 %, keaktifan siswa dalam bertanya yang semula 26,66 menjadi 33,33%, kemampuan siswa mengapresiasi cerita pendek mengalami perubahan yaitu 73,33% menjadi 80 %.

DAFTAR PUSTAKA
Aminudin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bahasa Dan Sastra:Malang: Hiski Komisariat Malang Dan TA3.
Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Jakarta.
Bur Rahmanto Dan Harianto. 1997. Metode Pengajaran Sastra. Jakarta: Kanisius.
Hanry Guntur Tarigan. 1997. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Http://One.lndoskripsi.Com/Content/Pembuktian-Hasil-Belajar-Siswa dalam Pengalaman-Pendekatan-Konstektul.-Pada-Sekolah-Laniutan.
Masnur Muslich.2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Angkara.
Nurhadi. 2005. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Grasindo
Panuti Sudj iman.1991. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Judul-judul PTK/SKRIPSI/TESIS  lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

PTK SD 083 = Pd 541 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri Kepuhrejo 1 Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 Dengan Teknik Outbound

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx, 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri Kepuhrejo 1 Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 Dengan Teknik Outbound, Program Studi Pendidikan Bahasa den Sastra, FPBS IKIP PGRI Madiun, Pembimbing (1) Drs. Ages Budi Santoso, M.Pd., Pembimbing; (2) Elen Inderasari, S.Pd.,1V1.Pd.

Katy Kunci : Peningkatan, Menulis Puisi, Teknik Outbound.

Agar pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan, diperlukan perencanaan yang matang termasuk penggunaan metode. Dalam metodologi pengajaran banyak jenisnya, tetapi penggunaan media harus sesuai dengan tujuan, bahan den keadaan siswa. Selain itu juga harus memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran yaitu dari yang mudah ke sukar, dari yang sederhana ke yang remit dan dari yang konkret ke abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) ingin mengetahui sejauh mana penggunaan teknik outbound terhadap hash belajar siswa (2) ingin mengetahui peningkatan kemampuan membuat puisi dengan menggunakan teknik outbound siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode ini karena data yang diperlukan adalah data asli, artinya data yang diambil langsung oleh peneliti dari sumber aslinya, yaitu melibatkan semua siswa kelas IV SDN Kepuhrejo 1, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan dengan jumlah siswa 11 orang. Pelaksanaan penelitian ini tiga kali putaran yaitu tanggal 6 April 2009, 4 Mei 2009, 1 Juni 2009.
Berdasarkan perhitungan M (Mean) diperoleh hasil putaran pertama 6,73, putaran ke due 7,55 den putaran ke tiga 8,36. Dari hash analisis tersebut menunjukkan ada peningkatan kemampuan membuat puisi dengan tehnik outbound dari tiap-tiap putaran. Setelah mengetahui hash penelitian ini peneliti menyarankan agar membuat puisi dengan tehnik outbound digunakan sebagai pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran yang lain serta pada semua tingkat kelas.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta : Bima Aksara.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Cokrosuyoso. 1995. Dasar-Dasar Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kurikulum Pendidikan Dasar Jakarta : Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Sistim Penilaian Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Henry Guntur Tarigan 1994. Membaca Dalam Kehidupan. Bandung : Penerbit Angkasa.
Herman J. Waluyo. 199L Apresiasi Puisi. Jakarta: Balai Pustaka.
Mukhlis. 1993. Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D4 dan Pendidikan Kebudayaan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutedjo dan Kusnadi. 2008. Menulis Kreatif. Jakarta : Gramedia.
Winataputra, Udin S. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
http: //mbahbrata-edu. blogspot. com12008/09/pemanfaatan-teknik-out-bound­pada. htmlL diakses pada 24 Juni 2009
http: //fe. blK ac. id/wp-content/uploads/2008/09/Panduan%20Penul isan% 20Skripsi%20Akuntansz.pdf diakses pada 24 Juni 2009.
http://usepmulyana.files.wordpress.com/2008/08/metode penelitian.ppt. diakses pada 24 Juni 2009.


Judul-judul PTK/SKRIPSI/TESIS  lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Jumat, 29 Juli 2011

PTK SD 082 = Pd 536 : Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Teknik Pemodelan Pada Siswa Kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK
 xxxxxxxxxx 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Teknik Pemodelan Pada Siswa Kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. V. Teguh Suharto, M.Pd. (2) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas, Teknik Pemodelan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat dinas melalui teknik pemodelan pada siswa kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadakan 2 siklus tindakan yaitu (1) Tidakan perencanaan (planning) (2) Tindakan pelaksanaan (acting) (3) Tindakan pengamatan (observasi) (4) Tindakan refleksi (reflecting). Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang kemampuan siswa SDN Patalan 2, Kendal, Ngawi dalam pembelajaran menulis surat dinas, pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, diskusi, kajian dokumen dan tes. Dianalisis dengan menerapkan teknik kategorisasi, klasifikasi, komparasi dan kausalitas. Hasil penelitian pada siklus I ke siklus II tentang peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan teknik pemodelan pada siswa SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009 adalah : (1) Pada siklus I nilai rata-rata 68.90%, (2) Pada siklus II nilai rata-rata 87.50% meningkat 18.60%.
Berdasarkan penelitian pada setiap siklus diatas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan teknik pemodelan pada siswa SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Abdullah Ambari. 1998. Penuntun Terampil Berbahasa Indonesia. Bandung: Trigenda karya
Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Depdikbud.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Draf Final. Jakarta: Depdiknas.
Halim Amran,dkk. 2002 Ujian Bahasa. Bandung: Ganaco.
Leo Idra Ardiana, dkk. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Menyimak. Jakarta: direktur SUP, Dirjen Didasmen, Depdiknas.
Muhammad Ahmadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.
Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Rochiati Wiraatmadja 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Rochman Natawidjaja. 1997. Makalah: Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Reseach).
Soedjito dan Solechan TW. 1993. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung Remaja Rosda Jaya.
Supranata Sumarna. 2005. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implementasi, Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
W. Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Zakaria Badudu. 1991. Pandai Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Buku Referensi Lainnya KLIK DISINI
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

PTK SD 081 = Pd 534 : Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx 2009. Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd, (2) Elen Inderasari, S.Pd.,M.Pd.
 Kata kunci : penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara
 Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode sosiodrama siswa kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009.
Alat pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain: Gagatan guur, catatan siswa, rekaman tape recorder, wawancara, angket dan berbagai dan berbagai dokumen yang terkait dengan siswa.
Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah kegiatan atau aktifitas siswa saat materi pembelajaran berbicara dengan metode sosiodrama (bermain peran) untuk melihat perubahan perilaku siswa, untuk mengetahui tingkat tingkat keterampilan berbicara siswa yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan alat pengumpul data yang sudah disebutkan di atas.
Data yang diambil adalah data dari hasil tes, presensi, nilai tugas serta data

DAFTAR PUSTAKA
 Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanan Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilrniah. Madiun: IKIP Madiun.
Gorys Keraf. 1996. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Henri Guntur Tarigan. 1990 Menulis Paragraf  Bandung: Angkasa.
Harimurti Kridalaksana. 1989. pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
J. Sima Tupang. 1993. inilah bahasa Indonesia yang benar III. Jakarta: PT Gramedia.
Mohamad Ali. 1994. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Sirategi. Bandung: Penerbit Angkasa.
M. Ramlan. 1992. Morfologi suatu tinjauan dislakiptif. Yogyakarta: CV. Kuyono.
Moh Thainrin Mujiar,to dan Yusuf S.Y.M. 1995. Dasar Ketrampilan Menulis. Tim Pengkajian Bahasa Indonesia.
Raka.Toni. 1996. Pengukuran dan Penelitian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
Sutrisno Padi. 1991. Metodologi Risert Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto. 1995. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara
Tim Penyiisunan Kurikulum Pemerintah Propinsi Jawa Timur. 2002. Penyusunan GBPP Sisterrt Semester Selcolah Dasar (SD). Surabaya: Depdikbud.
Tim Penata Bidang Pendidikan Dasar. Kurikulum SD 1994 (disesuaikan dengan suplemen GBPP 1999) GBPP Kelas V SD. Kantor Depdiknas Jawa Timur.
http.-//id.wikipedia.org/wiki/Kosakata, diakses, 8 Desember 2009).
(htt://pondokbahasa.wordpress.corn/2008/08/0'l/tuntutan-pengembangan­kosakata , diakses 18 Desember 2009).

Referensi Lainnya KLIK DISINI
JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Kamis, 28 Juli 2011

PTK SD 080 = Pd 580 : EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Sebagai persyaratan dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari analisis data dengan uji-t diperoleh harga thit = 4.399, sedangkan ttabel = 1.665 untuk taraf signifikansi 5%. Karena thit > ttabel sehingga H0 ditolak. Berarti H1 diterima, maka ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Berdasarkan data yang tersedia diperoleh rerata kelompok eksperimen 8.33 dan kelompok kontrol 7.47. Dengan demikian siswa yang diberi pengajaran menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada dengan pengajaran konvensional.

Kata Kunci : Pendekatan Open Ended, pembelajaran konvensional. 


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyono. 2000. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, Nana. 1996. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Rohmatul Wasi’ah. 2004. Pembelajaran Open Ended dan Pembelajaran Konvensional. http:/www.google.com.
R. Poppy Yaniawati. 2004. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. http:/www.google.com.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Shimada, S. dan Becker, JP. (1997). The Open Ended Approach : A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council Of Teachers of Mathematics.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Tim. 2002. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta.
Usman, Husaini dan Purnomo S.A. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.
Purwoto. 1998, Strategi Belajar Matematika, Surakarta UNS, Press.
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta UNS, Press.
Husein Tampomas. 1999. Seribu Pena Matematika SMU Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Wiyoto. 2005. Matematika Teknik SMK Teknologi dan Industri. Bandung : Angkasa. 57
Tim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Sugiyono. 2003. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Roestiyah, N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Andi Hakim Nasution. 1996. Matematika I Untuk SMU Kelas I. Jakarta : Dekdikbud.
Wirodikromo, Sartono. 2004. Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Referensi Lainnya KLIK DISINI
JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887