ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Melalui metode eksperimen dapat menumbuhkan minat belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009; 2. Melalui metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 4 Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Agustus 2008 sampai dengan 21 Oktober 2008. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Hasil penelitian: Pra siklus: Penguasaan materi Biologi sebelum diadakan perbaikan pembelajaran (pra siklus) dan siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 15 dari 39 siswa atau 32% dan yang tidak tuntas adalah 18 dari 29 siswa atau 62%; Pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 28 dari 39 siswa atau 72% dan yang tidak tuntas adalah 11 dari 39 siswa atau 28%; Pada Siklus II, Siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 37 dari 39 siswa atau 95% dan yang tidak tuntas adalah 2 dari 39 siswa atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa, “Penerapan metode belajar kelompok kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi pada materi Keanekaragaman Hayati siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun, Semester II Tahun Pelajaran 2007/2008 ”, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie. 2005. Mempraktikkan
Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.
Elizabeth B.
Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara
Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses
Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Koko Martono, R.
Eryanto, Firman Syah Noor.. 2007. Biologi dan Kecakapan Hidup, Untuk SMA
12A. Bandung : Ganeca Exact.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses
Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha,
IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar
Pendidikan, Semarang, Penerbit Effhar Publishing.
Moedjiono dan Dimyati, Moh., 1991, Strategi
Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti,
Depdikbud.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi
Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar
Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk., 2007, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran.
Jakarta : Gramedia
Untk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar