ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxxxx “ PENINGKATAN
KETRAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI MENGGUNAKAN PERANGKAT
LUNAK UNTUK MENYAJIKAN INFORMASI MELALUI
METODE PEMBELAJARAN AKTIF PADA SISWA
KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 KARANGJATI NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/2009”
Penelitian ini bertujuan untuk
mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan
materi berkarya seni kriya bagi siswa di SMP Negeri 3 Karangjati dengan cara
mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi dalam penelitian
tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi
kegiatan perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini ,
peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok
besar dan kelompok kecil.
Yang menjadi subjek pada
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Karangjati
sedang objeknya adalah pembelajaran
materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi pada
mata pelajaran TIK yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok
kecil dan kelompok besar.
Dari penelitian yang diadakan
dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan
hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan
hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi menggunakan perangkat lunak
pengolah kata untuk menyajikan informasi yang diberikan. Peningkatan penguasaan
materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 28 % dari kondisi
awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II
meningkat sebear 30 %.
Dari Hasil penelitian tindakan
kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun
pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik mengaktifkan siswa .
Keyword
1.
Pembelajaran Aktif.
2.
Pembelajaran Efektif.
3.
TIK
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, 2005, Perencanaan
Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia
Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR,
2005, Belajar dan Pembelajaran,
Jakarta, Rineka Cipta.
Daniel Muijs dan David
Reynolds 2005. EffectiveTteaching Teori
dan Aplikasi ( Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gagne, Robert M and
Leslie J. Briggs, 1978. Principles of
Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini,
Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2003, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode
Penelitian Kualitatif, Malang,
Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active
Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran
Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Sardiman. A.M, 2004, Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.Suharsini
Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen
Penelitian Tindakan Kelas, Bandung.
PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Onno W. Purbo (c1999). Buku pintar Internet: Teknologi warung
internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sofana,
Iwan. 2008. “Membangun Jaringan KOmputer”. Bandung. Informatika Bandung
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep
dan Makna Pembelajaran, Bandung.
Penerbit ALFABETA.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si, 2003, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung, Remaja
Resdokarya.
Untuk menapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 086725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar