ABSTRAK
Permasalahan sekitar rendahnya
mutu penyelenggaraan pendidikan di SDN Kota Singkawang selama ini pada dasarnya
bermuara pada lemahnya pengelolaan, pengorganisasian dan pengembangan
institusi. Upaya peningkatan mutu penndidikan
persekolahan harus lebi dititikberatkan kepada peningkatan mutu sumber
daya manusia. Dalam konteks ini, Program peningkatan mutu kinerja kepala
sekolah sangat relevan dan sangat strategis, mengingat fungsi dan perannya
sebagai pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan di tingkat
operasional.
Sebagai
pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan, kinerja kepala sekolah akan
memberikan dampak yang positif atau negative terhadap aspek-aspek sistemik yang
terkait dengan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Asumsinya adalah
bahwa mutu kinerja kepala sekolah akan
berpengaruh terhadap mutu kinerja guru dan warga sekolah lainnya. Salah satu
aspek penting dari mutu kinerja kepala sekolah adalah pengelolaan manjamen
sekolah. Sebagai seorang manajerial, kepala sekolah dihadapkan kepada banyak
tugas yang menuntut tanggung jawab yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaannya.
Penelitian
Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD N 5 Singkawang Barat dan masalah
yang diteliti adalah Mutu Program Kerja Kepala Sekolah pada bidang manajerial
khususnya pada penyusunan program kerja tahunan kepaa sekolah melalui Supervisi
Administrasi Kepala sekolah yang ditindaklanjuti dengan pembimbingan dan
pembinaan secara langsung dan berkesinambungan.
Dalam
Pelaksanaan PTS ini prosedurnya adalah mensupervisi dan menganalisa
administrasi kepala sekolah, memberikan bimbingan teknis tentang analisis SWOT
dan cara-cara penyusunan program kerja tahunan dan membimbing langsung
pembuatan anaaisis SWOT dan penyusunan program kerja tahunan kepala sekolah.
Kata kunci : peningkatan mutu,
administrasi, supervise, program kerja.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. Dirjen PMPTK, Direktorat Tenaga Kependidikan
H.Moeftie Wiriadihardja. Pedoman Administrasi Umum, Balai
Pustaka jakarta 1987.
Kumpulan Materi Peningkatan Ketrampilan Manajerial pengawas
Sekolah jakarta 2004.
Permen Diknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah, Jakarta, 2007.
Prof. Dr. Rusli Lutan. Supervisi Pendidikan Jasmani,
depdiknas, Dirjen Dikdasmen, jakarta, 2002.
Sahertian PA. (2000). Konsep Dasar &Teknik Supervisi
Pendidikan. Jakarta: Bhinneka Cipta. Jakarta 2000.
Slameto. Belajardan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Rineka Cipta. Jakarta.2003.
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar