ABSTRAK
xxxxxxxxx. Upaya Perbaikan
Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa
Kelas IV Semester II di MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi, Program Dual Mode System, Fakultas tarbiyah
UIN Sunan Kalijaga pada LPTK Mitra STAIN Surakarta, November 2011.
Kata
Kunci: pembelajaran, IPS, pendekatan, AKS
Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh adanya respon dari sekolah terhadap kondisi belum baiknya prestasi belajar siswa kelas IV dibidang IPS yang dilihat dari aspek nilai
rata-rata kelas serta ketuntasan belajar siswa. Kondisi ini menuntut MI Manggung Kecamatan
Ngemplak Kabupaten Boyolali untuk mengejar kualitas dalam rangka meningkatkan
daya saing sekolah, melalui pengembangan strategi pembelajaran AKS.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas IV Semester II diperbaiki dengan
pendekatan AKS, (2) Tingkat efektivitas proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan
dengan pendekatan AKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II.
Pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011,
dengan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS yang selama ini
dilaksanakan secara konfensional dapat diperbaiki dengan AKS. Perbaikan dalam
AKS mencakup perbaikan motivasi belajar siswa, perbaikan kemandirian siswa
dalam belajar, perbaikan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar,
perbaikan pembentukan kerja sama dalam belajar, dan perbaikan susasana
pembelajaran yang lebih menyenangkan. (2) Pembelajaran AKS terbukti efektif,
yang terlihat dari tingginya aktivitas siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran, tidak adanya siswa yang memiliki prestasi rendah akibat terjadi
transformasi pengetahuan dan pengalaman dari dua arah yaitu dari siswa kepada
siswa dan dari guru kepada siswa, serta tingginya peningkatan prestasi belajar
siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan.
Bandung: Rosda Karya Remaja.
AH. Akhdianto dan Apriella
Sayogyani. 2010. Metode Penelitian
Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad Hermawan. 2008. Pengembangan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia
Allen, E. E. (1995). Active
learning and teaching: Improving post-secondary library instruction.
Reference Librarian, no. 51/52.
Anderson, Bloom, 1994. Social
knowledge. Diterjemahkan oleh Hanafi. Jakarta: Gramedia
Aris Purwanto. 2010. Upaya Peningkatan
Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowlegde Sharing pada
Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Tesis S2. (Studi kasus di SMP Al
Islam Kalijambe). Yogyakarta: UNY
Asbullah Hanafi. 2006. Problematikan Pendidikan Nasional Indonesia dan Gagasan Berbasis
Syariah. Jurnal Educationist No III Vol I Edisi Maret, 2006. ISBN
12878-6555
Badri Rhofiki. 2009. Pengaruh
Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso. Online: http://digilib.sunan-ampel.ac. id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--badrirhofi-8237/
diakses tanggal 05 Mei 2010
Bonwell, C. C. and Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the
classroom. Washington, DC: George Washington University.
Branscomb, H. (1940). Teaching
with books: A study of college libraries. Chicago: American Library
Association and Association of American Colleges.
BSNP, 2008. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi
Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Dabbour, K. S. (1997). Applying active learning methods
to the design of library instruction for a freshman seminar. College &
research libraries, 58 (July), pp. 299-308.
Depag, 2005. Al-Qur’an
dan Terjemah. Semarang: Aneka Ilmu
Enok Maryani. 2010. Pengembangan
Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial.
Journal of Proceedings of The 4th
International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung,
Indonesia, 8-10 November 2010. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja
Rosda Karya), 2008, hlm. 95
E. Mulyasa, 2008. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
H.A. Tilaar. 2004. Manifesto
Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Hendrawati Maryani. 2010. Pendekatan Jigsaw untuk Pelaksanaan
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Educationist No II Vol. 11,
Januari 2010.
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Hisyam Zaini. 2007. Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Miles, Matthew B. dan Huberman,
A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mhrizal Defli. 2008. Strategi
Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Rahardjo Samadhi. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 1999. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran;
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Syaiful Sagala, 2008. Konsep
dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sjamsuddin, H dan Maryani, E, 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi
Keterampilan Sosial” . Makalah pada Seminar Nasional, Makasar.
Sutaryo.2008. Strategi Pembelajaran Active Knowledge
Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.
Jakarta: Depdiknas
UNDP, 2007. Laporan
Pencapaian Millenium Goals Indonesia. Jakarta: BPPN
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yi, Gloria. 2008. Beyond
Sharing : Engaging Students in Cooperative and Competitive Active Learning.
International Journal of Educational Technology and Society Vol. 11 (3)
Yudhi Munadi. Media
Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. 2010. Jakarta: Gaung Persada Press
Yusnita
Anggraeni. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Active Learning pada Siswa Kelas X
Program Akselerasi SMA Negeri 1 Surakarta. Tesis S2.
Surakarta: UNS
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar