Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 05 April 2012

PTK SD 159 = Pd 682 : Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/ 2011


ABSTRAK

xxxxxxxxx. Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi, Program Dual Mode System, Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga pada LPTK Mitra STAIN Surakarta, November 2011.

Kata Kunci: pembelajaran, IPS, pendekatan, AKS

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya respon dari sekolah terhadap kondisi belum baiknya prestasi belajar siswa kelas IV dibidang IPS yang dilihat dari aspek nilai rata-rata kelas serta ketuntasan belajar siswa. Kondisi ini menuntut MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali untuk mengejar kualitas dalam rangka meningkatkan daya saing sekolah, melalui pengembangan strategi pembelajaran AKS.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas IV Semester II diperbaiki dengan pendekatan AKS, (2) Tingkat efektivitas proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan dengan pendekatan AKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II. Pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, dengan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan secara konfensional dapat diperbaiki dengan AKS. Perbaikan dalam AKS mencakup perbaikan motivasi belajar siswa, perbaikan kemandirian siswa dalam belajar, perbaikan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar, perbaikan pembentukan kerja sama dalam belajar, dan perbaikan susasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. (2) Pembelajaran AKS terbukti efektif, yang terlihat dari tingginya aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, tidak adanya siswa yang memiliki prestasi rendah akibat terjadi transformasi pengetahuan dan pengalaman dari dua arah yaitu dari siswa kepada siswa dan dari guru kepada siswa, serta tingginya peningkatan prestasi belajar siswa.



DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
AH. Akhdianto dan Apriella Sayogyani. 2010. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad Hermawan. 2008. Pengembangan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Allen, E. E. (1995). Active learning and teaching: Improving post-secondary library instruction. Reference Librarian, no. 51/52. 
Anderson, Bloom, 1994.  Social knowledge. Diterjemahkan oleh Hanafi. Jakarta: Gramedia
Aris Purwanto. 2010. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowlegde Sharing pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Tesis S2. (Studi kasus di SMP Al Islam Kalijambe). Yogyakarta: UNY
Asbullah Hanafi. 2006. Problematikan Pendidikan Nasional Indonesia dan Gagasan Berbasis Syariah. Jurnal Educationist No III Vol I Edisi Maret, 2006. ISBN 12878-6555
Badri Rhofiki. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso. Online: http://digilib.sunan-ampel.ac. id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--badrirhofi-8237/ diakses tanggal 05 Mei 2010
Bonwell, C. C. and Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. Washington, DC: George Washington University. 
Branscomb, H. (1940). Teaching with books: A study of college libraries. Chicago: American Library Association and Association of American Colleges. 
BSNP, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Dabbour, K. S. (1997). Applying active learning methods to the design of library instruction for a freshman seminar. College & research libraries, 58 (July), pp. 299-308. 
Depag, 2005. Al-Qur’an dan Terjemah. Semarang: Aneka Ilmu
Enok Maryani. 2010. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Journal of Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosda Karya), 2008, hlm. 95
E. Mulyasa, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
H.A. Tilaar. 2004. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Hendrawati Maryani. 2010. Pendekatan Jigsaw untuk Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Educationist No II Vol. 11, Januari 2010.
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mhrizal Defli. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Rahardjo Samadhi. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 1999. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaiful Sagala, 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sjamsuddin, H dan Maryani, E, 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial” . Makalah pada Seminar Nasional, Makasar.
Sutaryo.2008. Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas
UNDP, 2007. Laporan Pencapaian Millenium Goals Indonesia. Jakarta: BPPN
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yi, Gloria. 2008. Beyond Sharing : Engaging Students in Cooperative and Competitive Active Learning. International Journal of Educational Technology and Society Vol. 11 (3)
Yudhi Munadi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. 2010. Jakarta: Gaung Persada Press
Yusnita Anggraeni. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Active Learning pada Siswa Kelas X Program Akselerasi SMA Negeri 1 Surakarta. Tesis S2. Surakarta: UNS


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887 
KEMBALI KE HALAMAN AWAL 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar