Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 05 April 2012

T.Ar 041: Perencanaan Perkerasan Jalan Menggunakan Perkerasan Beton Bertulang (Rigid Pavement) Dengan Metode Bina Marga Di Ruas Jalan Ngadirojo – Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.      Latar Belakang
Perkembangan teknologi jalan raya dimulai dengan sejarah perkembangan manusia yang selalu mencari kebutuhan hidup dan berkomunikasi, seiring dengan perkembangan teknologi yang ditemukan umat manusia. Jalan yang diperkeraskan pertama kali di Mesopotamia berkaitan dengan ditemukannya roda sekitar 3500 tahun Sebelum Masehi. Pada abad ke-18 baru ditemukan bentuk perkerasan oleh Thomas Telford yaitu struktur Telford dan oleh Jhon Londer Mac Adam berupa struktur Macadam.
Di Indonesia sekarang ini mengalami pertumbuhan penduduk yang pesat, menyebabkan peningkatan kegiatan dan kebutuhan manusia, mengakibatkan pergerakan manusia semakin bertambah, kebutuhan sarana transportasi dan pertumbuhan arus lalu lintas mengalami peningkatan, sehingga menyebabkan kepadatan dan kemacetan jalan. Hal ini dikarenakan prasarana yang tersedia tidak mampu melayani arus lalu lintas. Untuk itu perlu dilakukan upaya - upaya sehingga kebutuhan transportasi dapat dipenuhi dengan baik.
Kelancaran arus lalu lintas sangat tergantung dari kondisi jalan yang ada, semakin baik kondisi jalan maka akan semakin lancar arus lalu lintas, baik arus pergerakan barang maupun manusia. Khusus di ruas jalan Ngadirojo - Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya kondisi dari permukaan jalan ini terbukti karena masih banyaknya jalan - jalan yang kondisinya rusak berat seperti adanya lobang - lobang dan amblas pada permukaan jalan tersebut. Untuk itu perlu membuat suatu perkerasan dengan menggunakan beton ( rigid pavement).
Tujuan pembangunan transportasi jalan adalah untuk meningkatkan pelayanan jasa transportasi secara efisien, handal, berkualitas, aman dan terjangkau pembangunan transportasi jalan ini diharapkan dapat mewujudkan sistem transportasi yang terpadu dengan pengembangan wilayah dan juga dengan transportasi yang lainnya, sehingga menjadi bagian dari suatu sistem distribusi yang mampu memberikan pelayanan dan manfaat bagi masyarakat.
Oleh karena itu, penulis bermaksud melaksanakan peningkatan prasarana jalan pada ruas jalan Ngadirojo - Giriwoyo yang kondisi tanahnya labil, sehingga memerlukan pelaksanaan perkerasan jalan yang berupa perkerasan kaku (rigid pavement). Selain perencanaan perkerasan jalan penulis juga melaksanakan perencanaan drainase karena kondisi badan jalan terdapat genangan – genangan air karena air tidak mengalir dengan baik.
Dengan demikian maka perlu dilakukan evaluasi pada ruas jalan yang ada serta prediksi untuk beberapa tahun mendatang, sehingga didapatkan suatu alternatif pemecahanya yang selanjutnya untuk menentukan perencanaan sebagai solusi yang dapat menjamin tingkat transportasinya.

1.2.      Rumusan Masalah
Untuk perencanaan jalan faktor utama adalah evaluasi suatu masalah yang terkait. Dalam hal ini masalah lalu lintas, situasi dan keadaan daerah yang akan dibangun. Alasan diperbaikinya  jalan  berdasarkan pertimbangan sebagai berikut :
1.      Melihat kondisi jalan yang kurang memadai dengan meningkatnya lalu lintas dan keamanan pemakai jalan.
2.      Meningkatnya volume lalu lintas, pada ruas jalan Ngadirojo - Giriwoyo yang merupakan akses jalan utama dari Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah menuju Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur.
3.      Kondisi permukaan jalan yang berlobang dan amblas karena kondisi tanah yang labil.
4.      kondisi badan jalan terdapat genangan – genangan air karena air tidak mengalir dengan baik, sehingga membahayakan pengguna jalan.

1.3.      Batasan Masalah
Agar penulisan ini dapat terarah, maka dibuat batasan masalah sebagai berikut :
1.      Perencanaan perkerasan jalan dengan menggunakan perkerasan beton (rigid pavement).
2.      Perencanaan drainnase.
3.      Data - data yang digunakan adalah :
a.       Peta topografi Wonogiri
b.      Peta jaringan Jawa Tengah
c.       Data perhitungan arus lalu lintas dari Bina Marga Jawa Tengah wilayah Surakarta.
d.      Asumsi lalu lintas per tahun.

1.4.       Ruang Lingkup Kajian
Perencanaan perkerasan jalan di ruas jalan raya Ngadirojo - Giriwoyo dengan cakupan studi dan kajian antara lain :
1.      Survey awal.
Pekerjaan ini dilakukan untuk mendapatkan data di lapangan dalam kaitannya dengan aspek perencanaan dan pelaksanan              di lapangan yaitu meliputi :
a.       Pendekatan jalan (yang sudah ada) atau data - data jalan yang direncanakan.
b.      Data topografi dan jenis perkerasan jalan yang ada saat ini.
c.       Lalu lintas harian rata-rata (LHR) jalur antara Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.
2.      Survey lokasi
Tujuan survey ini untuk mengetahui peta lokasi , kondisi jalan menjadi pertimbangan perlu dilakukan pelebaran atau tidak.
3.      Penyelidikan tanah dan material
Penyelidikan tanah dan material bertujuan untuk memperoleh data tanah dan mengetahui jenis material.
4.      Pengukuran dan pemetaan
Pekerjaan ini untuk mengetahui karakteristik topografi daerah setempat, guna penelitian jalan yang akan dibangun, penggunaan konstruksi yang murah dan penyelarasan dengan Rencana Umum Tata Ruang Wilayah (RUTW) pemda setempat, sehingga dalam prakteknya, bangunan dapat berfungsi dengan optimal.
5.      Pekerjaan perencanaan teknik.
Dalam perencanaan ini, diprioritaskan jalan. Perencanaan ini adalah :
a.       Menentukan jenis konstruksinya.
b.      Merencanakan drainase
c.       Gambar struktur.

1.5.      Tujuan
Perencanaan jalan di ruas jalan Ngadirojo - Giriwoyo mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.      Menghitung tebal perkerasan konstruksi jalan kaku (rigid pavement) untuk umur rencana 25 tahun.
2.      Merencanakan drainnase.
3.      Sebagai bahan masukan bagi pemegang kebijakan pemerintah daerah  Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah dalam pembangunan jalan raya.


1.6.      Manfaat
Perencanaan perkerasan jalan Ngadirojo - Giriwoyo mempunyai manfaat sebagai berikut :
1.      Meningkatkan pelayanan transportasi.
2.      Meningkatkan kelancaraan hubungan timbal balik kedua kota tersebut.
3.      Untuk menunjang perekonomian kedua kota yang bersangkutan.
4.      Memberikan solusi dari masalah kepadatan lalu lintas yang terjadi.
5.      Untuk memberikan kenyamanan, keamanan bagi pengguna jalan.

1.7.      Alasan Pemilihan Judul
Alasan pemilihan judul adalah dengan mempertimbangankan              faktor skala prioritas pada jalan raya, tepatnya pada ruas jalan             Ngadirojo - Giriwoyo dikarenakan pertimbangan teknis dan ekonomis, antara lain :
1.      Permukaan jalan yang berlobang dan bergelombang karena tidak mampu menahan beban kendaraan karena volume kendaraan yang meningkat.
2.      Kondisi medan merupakan pegunungan dan kondisi tanah yang labil ruas jalan sering mengalami kerusakan (amblas).
3.       kondisi badan jalan terdapat genangan – genangan air karena air tidak mengalir dengan baik, sehingga membahayakan pengguna jalan.
4.      Ruas jalan yang tidak mampu melayani arus lalu lintas, dikarenakan arus lalu lintas mengalami peningkatan yang menyebabkan kepadatan dan kemacetan jalan.
5.      Karena ruas jalan Ngadirojo - Giriwoyo merupakan jalan lintas propinsi maka perlu adanya pembaharuan.

 1.8.      Sistematik Penulisan
BAB    I     PENDAHULUAN
Meliputi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, ruang lingkup kajian, tujuan, manfaat, alasan pemilihan judul, dan  sistematik penulisan.
BAB    II   TINJAUAN PUSTAKA
Meliputi tinjauan pustaka mengenai aspek - aspek lalu lintas, klasifikasi jalan, prosedur perhitungan, kapasitas jalan dan aspek perkerasan jalan.
BAB    III  LANDASAN TEORI
Meliputi teori - teori dan rumus - rumus yang dipakai sebagai dasar untuk mendapatkan solusi yang tepat dan efisien, rumus perhitungan perencanaan tebal perkerasan dengan metode CBR dan perencanaan drainase, diagram alir perencanaan.
BAB    IV  ANALISA DAN PEMBAHASAN
Meliputi hasil perencanaan yang ada pada bab III, mengenai perencanaan perkerasan jalan dan perencanaan drainase.
BAB    V   PENUTUP
Meliputi  kesimpulan dan saran.


Untuk mendapatkan file legkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887 
KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar