ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Melalui Media Cerita Bergambar Tahun Ajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd., (2) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Menulis Deskripsi dan Media Cerita Bergambar
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi melalui media cerita bergambar tahun ajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini adalah di kelas 3 SDN Sidorejo I Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, tahun ajaran 2008 / 2009. Waktu penelitian adalah bulan Maret 2009 sampai dengan Juli 2009. Subjek penelitian ini siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, tahun ajaran 2008/2009. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pengamatan atau observasi, wawancara serta tes untuk kemampuan menulis deskripsi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang meliputi: (a) reduksi data, (b) penyajian data dan (c) verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi melalui media cerita bergambar tahun ajaran 2008/2009, dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) hasil observasi awal menunjukkan siswa yang tertarik dengan pembelajaran kemampuan menulis deskripsi sebanyak 48% (13 orang) dari 24 orang siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 65% (16 orang). Pada siklus 2 meningkat sebanyak 80% siswa (19 orang). Proses pembelajaran sudah dikatakan berkualitas karena setiap indikator mencapai persentase 75% atau lebih; (2) terjadi peningkatan kualitas basil Prestasi pelajaran bahasa Indonesia dari survei awal sebesar sebanyak 43 % (9 orang) menjadi 67% (14 orang) pada siklus I dan meningkat menjadi 78% (15 orang)) pada siklus 2; dan (3) kendala-kendala yang dihadapi bersifat internal maupun eksternal. Kendala internal pada siklus 1, yaitu masih banyak siswa yang tidak fokus dan serius terhadap pembelajaran. Kendala eksternal pada siklus 1, yaitu suara gaduh dari luar kelas karena pintu ruang kelas yang terbuka membuat beberapa siswa kurang fokus terhadap prows pembelajaran. Kendala-kendala itu berhasil diatasi secara bertahap pada siklus 2 berkat kerjasama antara peneliti dan guru.
DAFTAR PUSTAKA
Dewa Ketut Sukardi. 1983. Pedoman Praktis Bimbingan Penyuluhgan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Enco Nlulyasa. 2006. Kurukulum yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Korrzpetensi dan Kornpetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Henry Guntur Tarigan, 1994. Menyimak sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung Angkasa
Mulyanti Sumantri & Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Nasution., S. 1986. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya. •
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Oemar 1-lamalik. 1989. Perencanaan Pengcjaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelilian Sualu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutratinah Tirtonegoro. 1984. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Suharto. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Surakarta. UNS Press.
Slameto. 1991 dalam http://ridwan202.worpress.ccom/2008/05/03/-ketercapaian-prestasi-belajar/.
Suwarsih Madya, 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Thulus Hidayat. 1995. Psikologi (Perkembangan Pendidikan). Surakarta : UNS Press.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar