ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxx 2003 : Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Cacah dengan Modeln Permainan Lacak Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon Malang Tahun Pelajaran 2003/2004.
Kata kunci : Operasi hitung bilangan, Permainan lacak kartu bilangan.
Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya bahan pelajaran, bakat dan minat, kecerdasan serta factor guru dan instrument lingkungan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar tentang konsep operasi hitung bilangan cacah.
Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa kelan III Sekolah Dasar tentang operasi hitung bilangan cacah.
Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Bayem IV yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan ketuntasan belajar siswa, yakni 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai 75 % taraf penguasaan konsep yang diberikan.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional.2003.Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.Jakarta:Depdiknas
GBPP Kelas III SD.1993.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Mulyana. A2.2001.Rahasia Matematika.Surabaya.Edutama Mulia
Wardani, I.G.A.K, Wahirdit Kuswaya, Nasoetion Noehi.2003.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Pusat Penerbit UT
Wibawa, Basukio.2004.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar