ABSTRAKSI
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan undang undang sistem pendidikan nasional pasal 3, maka salah satu faktornya yang harus diperhatikan adalah bila siswa selalu bersikap disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi disekolah.
Kenyataan terjadi pada saat ini dilapangan, anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah, tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret coret bangku, tidak biasa mengantre, pada saat upacara bendera tidak tertib, tidak berpakian dengan rapi, sering datang terlambat, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas selalu mengganggu teman, sering berkelahi, kurang hormat pada guru. Hal hal ini
merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Kalau kebiasan ini tidak menemukan pemecahan masalahnya maka tujuan penedidikan nasional akan sulit terwujud.
Berbagai faktor yang mempengaruhi anak kurang menunjukkan sikap tersebut, diantaranya lemahnya perhatian orang tua kepada putra putrinya dikarenakan orang tua selalu sibuk dengan urusan ekonomi, orang tua yang otoriter, keluarga yang home broken, pengaruh pergaulan dilingkungan sekitar anak , adanya perkembangan media yang elektronik, kurang demokratisnya pendekatan dari orang tua maupun guru yang ada di sekolah.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dianggap penting oleh peneliti karena faktor tersebut akan berpengaruh terhadap tercapainya tujuna pendidikan di sekolah ( tujuan institusional ), Dengan demikian maka yang menjadi obyek dan subyek penelitian adalah siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010.
Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data secara diskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing masing siklus..
Berdasarkan hasil pengamatan diketahui, bahwa sebelum diterapkan sanksi berjenjang pada siswa kelas III SD I Sanur, tingkat disiplin siswa sangat rendah dibawah nilai rata-rata standar yaitu 5,2. Begitu pula nilai rata rata rasa tanggung jawab siswa dengan rata rata katagori D yaitu dengan nilai 4,9. Dan kalau digabungkan antara nilai sikap disiplin dan rasa tanggung jawab maka nilainya rata rata 5,1 ( D )
Pada siklus I ini diketahui bahwa pada katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai cukup ( C ). Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa mencapai nilai cukup ( C ) yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai ( D ) yaitu 5,4,
Dengan adanya kekurangan kekurangan yang ditemukan pada siklus I ini, maka peneliti mencari solusi pemecahan dengan meningkatkan sanksi sanksi terhadap siswa yang melanggar ataupun dengan cara cara lain namun siswa tidak merasa terpaksa melakukan atau melaksanakan tugas ( tindakan ) secara tulus dan ikhlas. Cara cara tersebut adalah dengan memberikan pembinaan kepada siswa, agar mereka secara sadar dan ikhlas melakukan kegiatan yang bersikap disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap tugas tugas hariannya.
Dengan perbaikan tersebut maka pada siklus II hasilnya diketahui bahwa tingkat disiplin siswa kelas III SD I Sanur tahun pelajaran 2009/2010 di sekolah, mencapai nilai rata rata 8,6 ( dalam katagori sangat baik ). Sedangkan pada tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 ( sangat baik ). Namun yang menjadi catatan pada penelitian ini adalah bahwa, pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya mampu mencapai nilai pada katagori cukup ( C ) yaitu dengan nilai rata rata 6,7
Terjadinya peningkatan tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam meberikan sanksi berjenjang secara bervariasi, pembinaan dengan kontinu serta motivasi kepada siswa itu sendiri.
Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar