Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 04 Agustus 2011

PTK SD 093 = Pd 569 : Peningkatan Pengembangan Kosakata dengan Teknik Pengamatan Lingkungan pada Siswa Kelas III SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxxx, 2009. Peningkatan Pengembangan Kosakata dengan Teknik Pengamatan Lingkungan pada Siswa Kelas III SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci : Pengembangan Kosakata, Pengamatan Lingkungan

Berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh para guru untuk meningkatkan Pengembangan Kosakata dengan Teknik Pengamatan Lingkungan Pada Siswa Kelas III Semester Ganjil SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/ 2009.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III semester ganjil Sekolah Dasar Negeri Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampel total karena sampel diambil dari semua subjek atau populasi sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan sistem 3 siklus. Dalam pengolahan data menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, ada peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan dari siklus I ke siklus II, siklus II ke siklus III dengan rata-rata nilai yang diperoleh : pada siklus I dari 20 siswa, dengan nilai rata-rata 52,3, yang tuntas belajar hanya 15% atau 3 anak, sedangkan siswa yang tidak berhasil adalah 85% atau 17 anak. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,8, siswa yang berhasil (tuntas) meningkat dari 3 anak (15%) menjadi 15 anak atau 75%. Selanjutnya, siswa yang tidak berhasil mengalami penurunan dari 17 anak (85%) menjadi 5 anak (25%). Pada siklus III dengan nilai rata-rata 81,1 jumlah siswa yang berhasil juga mengalami peningkatan, dari 15 siswa (75%) menjadi 20 siswa (100%).
Keberhasilan ini disebabkan kemampuan siswa dalam memahami materi meningkat, keaktifan siswa untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan juga meningkat. Hal ini juga ditunjang oleh tersedianya waktu yang cukup untuk mengerjakan apa yang diberikan guru, serta kesiapan guru dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dan sangat efektif teknik pengamatan lingkungan untuk mengembangkan kosakata.

DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Apollo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
DP Tampubolon. 1987 Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Endang Lestari. 2003. Komunikasi yang Efektif. Bahan Ajar Diklat Prajabatan I dan II. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara
Endang Lestari. 2003. Komunikasi yang Efektif. Bahan Ajar Diklat Prajabatan I dan II Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Intan Mulia.
Gurnitowati dan Maliki. 2003 Telaah Sastra. Surakarta: Muhamadiyah University Press.
Hariyadi. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa. Surabaya : Depdikbud
Http/www.ittelkom.ac.id/kata.text, diakses tanggal 06/ OS/2009.
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo. Henry Guntur Tarigan. 1984. Pengajaran Kosakata. Bandung :Angkasa Cetakan
 _________ . 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa : Bandung : Angkasa
Muchlish Masnur. 1992. Paket Pelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Tiga Serangkai.
Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. Depdikbud. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta : Balai Pustaka
Soejito. 1986. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang : FPBS IKIP Malang, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Suharsimi Arikunto. 1985. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Bina Aksara    . 1991. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Judul2 PTK lainnya di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar