ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxx. 2011. Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Dengan Variasi Permainan Simon Says Untuk Meningkatkan Ketrampilan Listening (Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 5 MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Pembimbing I: Imroatus Solikhah, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Sihindun Arumi, S.Pd. M.Hum.
Istilah kunci: meningkatkan, listening, metode Total Physical Response (TPR), permainan Simon says.
Keterampilan listening peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara masih rendah. Peserta didik belum mampu memahami serta memberi respon perintah atau permintaan secara umum dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Adapun metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Total Physical Response (TPR) dengan variasi permainan Simon says. Masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana antusias peserta didik dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening dengan menggunakan metode TPR, (2) Bagaimana upaya pendidik dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening menggunakan metode TPR, (3) Bagaimana efektifitas penggunaan metode TPR dalam meningkatkan keterampilan listening peserta didik, (4) Bagaimana kesesuaian materi pembelajaran dengan penerapan metode TPR, (5) Bagaimana penggunaan media pembelajaran menggunakan metode TPR. Tujuan penelitian ini adalah (1) Peserta didik dapat memberikan respon lisan dan tindakan dengan benar secara antusias dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening peserta didik menggunakan metode TPR. (2) Dapat memaksimalkan upaya pendidik dalam merencanakan serta melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening peserta didik menggunakan metode TPR. (3) Dapat meningkatkan keterampilan listening peserta didik dari pengaplikasian metode TPR. (4) Dapat memilih materi pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran menggunakan metode TPR. (5) Dapat mengaplikasikan media pembelajaran dalam penerapan metode TPR.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Mubtadiidn Plajan Pakis Aji Jepara semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, field note, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interpretasi dengan menafsirkan fakta-fakta dari data yang diperoleh dari perolehan data awal ataupun tahapan penelitian untuk selanjutnya data dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan listening, dari kondisi awal ke siklus pertama sampai degan siklus ketiga. Dari hasil tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu skor rata-rata kelas 5.50 menjadi 6.21, skor rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 1,04 dengan ketuntasan 75,0% pada siklus pertama. Sementara pada siklus kedua skor rata-rata kelas menjadi 7.21, mengalami peningkatan sebesar 0,67 dengan ketuntasan 95.8%, sedangkan pada siklus ketiga skor rata-rata kelas menjadi 7.25, meningkat sebesar 0,04 dengan ketuntasan 100.0% dan skor perolehan pada Post Test sebesar 7.38 dengan akumulasi peningkatan sebesar 1,88 dengan ketuntasan 66,7% dari kondisi awal. Hasil analisis jurnal, observasi, menunjukkan adanya perubahan perilaku didik kelas V MI Tarbiyatul Mubtadiidn Plajan Pakis Aji Jepara serta pebaikan pada pendidik, media dan penerapan metode pembelajaran.
Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu metode TPR denagan variasi Simon says dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran listening.
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Yrama Putra
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Cameron, Lynne. 2001. Teaching Language to Young Learner. Cambridge: Cambridge University Press
Cross, David. 1991. A Practical Handbook of Language Teaching. Bath: The Bath Press
Dean, Geoff. 2004. Improving Learning in Secondary English. London: David Fulton Publisher Ltd.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hornby, A.S., 1984, Oxford Advance Learner’s Dictionary, Oxford: Oxford University Press.
Norland, Deborah L & Said, Terry pruett. 2006. A Kaleidoscope of Models and Strategies for Teaching English Speaker of Other Languages. New York: Libraries Unlimited/Theacher Ideas Press, 88 Post Road West.
Nugrahaningsih, Niken. 2007. The Use Of Total Physical Response (Tpr) Method In English Preposition Teaching (to the fifth grade students of the academic year 2006/2007 SDN Tajuk I Getasan Kab. Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Bahasa dan Sastra Inggris
Poerwadarminta.W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta; Cv. Balai Pustaka
Richard, Jack C. 2008. Teaching listening and speaking. Cambridge University Press
Richard, Jack C. & Rodgers Theodore S. 2001. Approaches Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
Scott. Wendy A and I isheth H. Yteberg. 1990. Teaching English to Children. New York: Longman
Sugito. 2007. Teaching Listening Comprehension to The Fourth Graders of Elementary School Students by Using The Total Physical Response
Method, a Case of the Fourth Graders of SDN Jinggotan Kembang Jepara in the Academic Year of 2004 / 2005. Skripsi. Semarang: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima
Suparwa, I Nyoman & Darmowijono, Widjayanti W. 2009. Psikolinguistik: Teori Kemampuan Berbahasa dan Pemerolehan Bahasa Anak: Bali: Udayana University press
Juan. Esther Uso’ & Marti’nez-Flor. Alicia. 2006. Current Trend in The Development and Teaching of The Four Language Skill. Berlin. Walter de Gruyter GmbH & Co. KG
Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar