Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Selasa, 02 Agustus 2011

PTK SD 089 = Pd 558 : Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Buku Harian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxxx 2009. "Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Buku Harian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009" Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, " PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs.Bambang Eko hari Cahyono, M.Pd. (II) Eien Inderasari, S.Pd. M.Pd.

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi, Buku Harian

Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi melalui buku harian siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009. Sesuai dengan kondisi siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 terdiri dari 30 siswa.
Pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tugas menulis narasi melalui buku harian siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 dan menjawab pertanyaan. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penilaian data, dapat disimpulkan bahwa kmampuan siswa menulis karangan narasi berdasarkan aspek kesatuannya memihlci kemampuan baik.
Hal ini dapat dilihat beberapa aspek yang dinilai yaitu menggunakan ejaan Yang disempurnakan dengan aspek penulisan huruf besar dengan nilai rata-rata 7,56, aspek penulisan kata depan dengan nilai rata-rata 7,76, dan pads aspek penulisan tanda baca dengan nilai rata-rata 7,56. Adapun kemampuan menulis narasi dengan aspek penulisan judul cerita nilai rata-rata 8,26, aspek kelengkapan dan keutuhan menulis cerita nilai rata rata 7,76, dan aspek kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 7,76.
Peneliti menegaskan berdasarkan analisis dan penafsiran hasil analisis data dapat disimpnlkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 mampu mmnulis maxasi melalui buku harian dengan kategori baik.
Hasil penelitian ini tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, di mana kemampuan mental yang dipelajari sebagian besar berpusat pada pemahaman bahan pengetahuan, dan ingatan tetapi konsep-konsep yang telah dipahami sebelumnya diolah melalui proses yang diberikan pada siswa tentang sikap dan keterampilan yang menimbulkan siswa aktif, dinamis dan mentpakan keunikan anak.. Di samping itu penekanap penilaian sebuah produk atau hasil siswa sebagai sesuatu yang asli dari sebuah proses. Oleh karena itu, dalam pembelajaran sastra Indonesia khususnya menulis narasi, diarahkan pada siswa untuk menemukan sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Burhan Nugiyantoro, 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.
Farida Rahim, 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gorys Keraf. 1993. Komposisi. Jakarta: PT Nusa Indah
_________ 2000. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia
Hasan Alwi dkk., 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Henry Guntur Tarigan. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa
__________ 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa
Kurikulum, 2004. Standar Kompetensi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Dharma Bhakti.
M. Ngalim Purwanto. 1999. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasa:. Jakarta PT Rosda Jayakarya
Mardalis. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Subyantoro dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta.
Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research Jilid I Yogjakarta: Fakultas Psikologi UGM
Undang-Undang Republik Indonesia No.2, 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya

Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar