Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Selasa, 09 Agustus 2011

PTK SD 104 : Penggunaan Media Pembelajaran OHP untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK

XXXXXXXXX 2008. Penggunaan Media Pembelajaran OHP untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2008/2009.
.
Kata kunci : minat belajar, media pembelajaran OHP

            Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membang-kitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa (Hamalik, 1986:23). Siswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan. Untuk memanfaatkan semua alat indera dalam kegiatan pembelajaran diperlukan rangsangan (stimulus).
            Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Apakah penggunaan media pem-belajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009?, Bagaimanakah dampak penggunaan media pem-belajaran OHP dalam proses pembelajaran PKn pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009?
            Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat bela-jar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009, (2) ingin mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research). Penelitian melalui beberapa tahap yaitu 1. Refleksi awal, 2. Perencanaan, 3. Tindakan Observasi, 4. Refleksi Akhir. Subyek siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Keca-matan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.
            Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Keca-matan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, A. 2003. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Afifudin. 1988. Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Solo: Harapan Massa.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bum Aksara.
Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bogdan, R.C. & Biklen, S.H. 1982. QualitativeResearch in Education. Boston Uni-versity.
Bruner., J., S. 1966. Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Havard University.
Dale, E. 1969. Audiovisual Methods in Teaching. (Third Edition). New York: The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 1990. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Proyek Pembinaan SD.
Guba, IJ. G., L Lincoln. Y- S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.
E-lamalik, O. 1994. Media Pendidikan (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Abadi.
Jasin, Anwar. 1971. Pedoman Pembuatan & Pemakaian Alat-Alat Peraga Pendidikan di Sekolah Dasar . Bandung: Remadja Karya.
Kemp, J. F. dtt Dayton, I.K. 1985. Planning dan Producing Instructional Media. (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publisher.
Miles, M.B.S. Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda-karya.
Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Nuturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.
Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Sudjana, N. dan Rival, A. 1990. Media pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.
Sudjana, N. dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Re-maja Rosdakarya.
Sunarso, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 4 Sekolah Dasar. Bogor: Yudhis-tira.
Sutoyo. 1979. Psikologi Belajar. Malang.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Re-maja Rosdakarya.
Wardani. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahab, Aziz. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Per-tama. Malang: Bayu Media Publishing.


Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar