Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 04 Agustus 2011

PTK SD 091 = Pd 567 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melului Teknik Pengamatan Objek Langsung Siswa Kelas IV SDN Mojorayung 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxx 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melului Teknik Pengamatan Objek Langsung Siswa Kelas IV SDN Mojorayung 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. Agus Budi Santoso., M.Pd, (2) Elen lnderasari., S.Pd.,M.Pd.

Kata Kunci :   Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi: Teknik Pengamatan Objek Langsung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui teknik pengamatan objek langsung siswa kelas IV SDN Mojorayung 03, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian dengan pembelajaran reflektif yang dilaksanakan melalui siklus oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu dipecahkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mojorayung 03 sejumlah 25 siswa yang terdiri atas laki-laki 9 dan perempuan 16. Sumber data dalam penelitian ini, adalah (1) guru dan siswa kelas IV SDN Mojorayung 03, (2) dokumentasi, (3) peristiwa selama KBM berlangsung. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatit:
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, (1) hasil belajar dari siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa menjadi 21 siswa atau dari 28% menjadi 84% mengalami kenaikan 56%, Ini berarti peningkatan hasil tersebut berkaitan dengan proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok dan didukung oleh pemahaman dalam mengekspresikan sesuai dengan objek langsung, (2) Keaktifan minat belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 yang sangat berminat 2 siswa 8% untuk siklus 2 ada peningkatan yang sangat berminat 15 siswa 60%. Pada siklus I yang berminat 6 siswa 24%, untuk siklus 2 ada penurunan yang berminat 7 siswa 28%. Pada siklus I yang kurang berminat 17 siswa 68%, untuk siklus 2 ada penurunan yang kurang berminat 3 siswa 12%, (3) Nilai rata-rata kelas pada siklus I 58 pada siklus II meningkat menjadi 74,2, ada peningkatan 16,25. Dari hasil siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung melalui strategi belajar kelompok siswa kelas IV SD Negeri Mojorayung 03, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2008/ 2009.

DAFTAR PUSTAKA
 Agus Budi Santoso, 2008. Teori Sastra. Madiun : IKIP PGRI Madiun
Aminuddin. 1995. Apresiasi Karya Sastra. Malang : Sinar Baru
Basuki Wibawa. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Depdiknas, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hasani dalam Makalah dan Skripsi http://www.blogspot.co/2008.08.
Henry Guntur Taringan. 1992. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Herman J. Waluyo. http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009
Hudson dalam Komaidi http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009
I.G.A.K. Wardani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
__________, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Tim Prima Pena Gita Media Press.
Mukhsin Ahmadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : YA3
Ngalim Purwanto dan Jeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta : Rosda Jayaputra.
Orasi Ilmiah dalam kirab wisudawan dan Penyerahan Ijazah UPBJJ.UT. Surabaya. 2003
Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Saura H. Ridwan. 1990. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Eralangga.
Suharsimi Arikunto. 1992. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Bumi Aksara.
Setejo da Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
William Meller dikutip Jakob Sumarjo (dalam Komaidi:7). http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009

Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar