Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Sabtu, 06 Agustus 2011

PTK SD 099 : Penggunaan Media Lidi untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa pada Penjumlahan Bilangan Bulat di kelas IV SDN Krembung I


ABSTRAK
 xxxxxxxxxx,  2006. Penggunaan  Media  Lidi  untuk  Meningkatkan  Keterampilan  Siswa  pada  Penjumlahan  Bilangan  Bulat  di  kelas  IV  SDN  Krembung  I, Laporan  Penelitian,  Malang
           
              Kata-kata  Kunci:  Media,  Operasi,  Penjumlahan,  Bilangan    Bulat,  Sekolah  Dasar.

            Salah  satu  permasalahan  yang  menyangkut  pengelolaan  proses  belajar  mengajar  mata  pelajaran  matematika di  SD  adalah  kurangnya  pengetahuan  bagi  guru  SD,  serta  terbatasnya  dana  dan  sarana  tentang  bagaimana  cara  membuat  dan  menggunakan  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika. Di  sisi  lain  pentingnya  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika  telah  diakui  oleh  semua  jajaran  pengelola  pendidikan  dan  para  ahli  pendidikan.
            Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengatasi  masalah  pembelajaran  penjumlahan  bilangan  bulat  di  kelas  IV  SDN  Krembung  I  semester  I  dengan  menggunakan  media  lidi.  Adapun  model  yang  diterapkan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  langkah-langkah  berikut:  Pertama,  kegiatan  awal  meliputi: (a) Penjelasan  tentang  tujuan  pembelajaran,  (b)  Pemberian  motivasi  pembelajaran,  (c)  Apersepsi;  Kedua,  Kegiatan  Inti, memuat: (a)Pembentukan  kelompok,  (b)  Pemberian  media  lidi,  (c)  Penjelasan  singkat  tentang  cara  penggunaan  alat,  (d)  Unjuk  kerja,  (e)  Bermain   adu cepat.  Ketiga,  Kegiatan  Akhir,  memuat:  (a) Pembahasan  hasil,  (b) Pengecekan  keterampilan  melalui  tanya  jawab,  (c)  Evaluasi,  dan  (d)  Pemberian  tindak  lanjut  berupa  pekerjaan  rumah.  Tujuan    pembelajaran  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  menggunakan  media  lidi  dapat  meningkatkan  keterampilan  siswa  menjumlah  bilangan  bulat.
            Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  penelitian  tindakan  kelas.  Subyek  penelitian  ini  adalah   20  siswa  kelas  IV  SDN  Krembung  I  Kabupaten  Sidoarjo  semester  I  tahun  pelajaran  2006/2007.  Teknik  pengumpulan  data  tentang  keterampilan  siswa  menggunakan  media  pada  penjumlahan  bilangan  bulat,  dilakukan  melalui  tes  lesan  pada  awal  pelajaran,  observasi,  evaluasi  proses  pada  waktu  siswa  memperagakan  media   dan  evaluasi  tertulis  pada  akhir  pembelajaran. 
            Penelitian  ini  kami  lakukan  melalui  tiga  tahapan   tindakan  yaitu:  menggunakan  media  lidi  secara  berpasangan,  menggunakan  media  lidi  yang  berwarna  secara  berpasangan  dan  menggunakan  media  lidi  yang  berwarna  secara  perorangan.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  sebagai  berikut:  Pertama,  hasil  evaluasi  proses  (pada  waktu  pelaksanaan  pembelajaran)  keaktifan  siswa  sangat  aktif  sebanyak  15%,  Kedua, sebanyak  55%,  dan  Ketiga,  sebanyak  98,3%.  Penempatan  alat  tepat  dan  penggunaan  benar  sebanyak  20%,  60%, dan  90%.  Penggunaan  alat  tepat  dan  hasil  benar  sebanyak  20%,  50%  dan  91,5%.  Hasil  evaluasi  tertulis  dari  10  soal  melalui  lembar  tes,  rata-rata  penguasaan  materi  sebesar  43,5%,  68,5%  dan  81,5%.   Secara  keseluruhan  pelaksanaan  pembelajaran  dengan  menggunakan  media  lidi,  mulai  tindakan  I,  II,  dan  III  menunjukkan  peningkatan  baik  keterampilan,  maupun  pemahaman  subyek  penelitian  terhadap  penjumlahan  bilangan  bulat. 


DAFTAR  PUSTAKA
Djoko  Moesono &  Sujono,  1998.  Matematika  4, Jakarta:  Depdibud.
Depdiknas, 2004.  Pedoman  Pengembangan  Silabus,  Jakarta.
Depdiknas, 2003. Pengembangan  Silabus  dan  Penilaian  Mata  Pelajaran  Matematika,  Jakarta.
Pujiati,  2004.  Penggunaan  Alat  Peraga  dalam  Pembelajaran  Berhitung  di  SD, Jogjakarta: PPPG  JOGJAKARTA.
Depdiknas,  2006.  Manajemen  Berbasis  Sekolah,  Jakarta.
Oemar  Hamalik, 1980. Media  Pendidikan,  Jakarta
Elly E,  1996.  Metoda  Pengajaran  Matematika  di  Sekolah  Dasar, Jogjakarta: PPPG  JOGJAKARTA.
Karim Muchtar A, 1999.  Metodologi  Pembelajaran,  Jakarta.

Judul-judul PTK lainnya ada di Link JUDUL-JUDUL SKRIPSI di atas.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar