ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI BELAJAR KELOMPOK DI KELAS AWAL PADA SD NEGERI 5
GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi ,
Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret
Surakarta, Mei 2005.
Tujuan
penelitian ini adlaah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimanakah prosedur
persiapan penerapan strategi belajar kelompok dalam pembelajaran IPA pada siswa
di kelas awal, (2) Untuk mengetahui bagaimanakah langkah – langkah pelaksanaan
penerapan strategi belajar kelompok dalam pembelajaran IPS pada siswa usia
dini, (3) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi belajar kelompok dapat
meningkatkan perolehan perluasan aktivitas dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi tindakan berupa
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di
SD Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas III SD Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus
tahun pelajaran 2004/2005.
Penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus dengan masing – masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik analisis data
dilakukan dengan cara : (1) Melakukan identifikasi masalah, (2) Melakukan
analisis masalah dan perumusan maslaah, (3) Formulasi solusi dalam bentuk
hipotesis tindakan, (4) Analisis Kelaikan Solusi.
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah diuraikan pada Bab IV, maka
dapat ditarik simpulan sebagai berikut : Kemampuan dalam penyelesaian soal IPS
dengan pokok Bahasan Kebutuhan Hidup dan Cara Memenuhinya siswa kelas III SD
Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005
dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan strategi belajar kelompok dengan skor
rata – rata 71,54.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
penulis ajukan yaitu “ Dengan menggunakan strategi belajar kelompok dalam
pembelajaran IPS, maka prestasi belajar dapat meningkatkan “ dapat diterima
kebenarannya
DAFTAR PUSTAKA
Anton Sukarno. 1994. Eftkfivifas
Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
1997. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta.
____________1997. Petunjuk
Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar. Jakarta : Depdikbud.
John D. Latuheru. 1988. ,Media
Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud,
Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian
Tindakan Kelas. Malang : Universitas Negeri Malang
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran.
Bandung : Sinar Baru.
___________2002.
Dusan-Dusan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Neohi
Nasution. 1992. Didaktik dan Asas – asas Mengajar Bandung : Jemars
____________1997.
Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka. Oemar
Hamalik. 1980.
Metodologi Pengajar Ilmu Pendidikan. Bandung.
Poerwodarminto, 1986. Kamus Umum Berbahasa
Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Slameto. 1995. Proses Belajar
Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta.
Suhernian Erman dan Udin S.
Winataputra. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta
: Depdikbud Universitas Terbuka.,
Sunardi. 1997. Mengenal Siswa
Berkesulitan Belajar. Surakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan UNS.
Sutratinah Tirtonegoro. 1988. Anak
Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta : PT. Bina Aksara.
Winarno Surakhmad. 1986. Pengantur
Interaksi Belajar Mengajar. Bandung Tarsito.
Winkel W.S. 1984, Psikologi
Pendidikan dun Evaluasi Belajar. Jakarta Gramedia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar