ABSTRAK
Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu mengubah
perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan dan
kebiasaan. Pembelajaran matematika di sekolah mengemban tercapainya dua sasaran
yaitu (1) Terbentuknya karakter peserta didik yang logis, kritis, rasional,
cermat, efektif dan efisien dan (2) Implementasi hasil dalam kehidupan
seharihari dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Menurut pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMP
ini, sebagian besar siswa kelas VIII tidak dapat menyelesaikan soal cerita
dengan benar. Bahkan dapat dikatakan bahwa soal cerita merupakan masalah,
dipandang dari sisi kemampuan menangkap makna kalimat maupun kemampuan
menggunakan prosedur penyelesaiannya. Di samping itu penyelenggaraan ujian
nasional yang menggunakan soal pilihan ganda dapat merangsang siswa untuk
menyelesaikan dengan jalan pintas. Hal ini menyebabkan siswa semakin alergi mengerjakan
soal-soal cerita yang menantang dan menuntut pemikiran lebih tinggi.
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa
Kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam Menyelesaikan
Soal Cerita pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Penggunaan
Langkah Polya”.
Tujuan penelitian tersebut untuk meningkatkan keterampilan
siswa kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel melalui penggunaan langkah Polya. Untuk meningkatkan keterampilan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita perlu ditekankan penggunaan langkah
procedural sebagaimana dianjurkan oleh George Polya yaitu memahami masalah,
menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa
hasil yang diperoleh.
Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Pada siklus I
diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel belum maksimal. Persentase keterampilan mencapai 45%
dan ketuntasan belajar mencapai 42,5%. Pada siklus II setelah
dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentase keterampilan
sebesar 75% sedangkan ketuntasan belajar mencapai 77,5%. Dengan
demikian keterampilan siswa meningkat 30% dan ketuntasan belajar
meningkat 35%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui
penggunaan langkah Polya, keterampilan siswa kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus
Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan
linear dua variabe dapat ditingkatkan.
Akhirnya penulis menyarankan kepada guru matematika kelas
VIII SMP 2
Gebog Kudus untuk dapat menggunakan langkah Polya dalam
pembelajaran berkaitan dengan soal cerita sehingga siswa dapat menyelesikan
soal secara sistematis.
DAFTAR PUSTAKA
Bawadiman. 1997. Peranan
Pendidikan Matematika dalam Era Globalisasi. (Makalah Seminar ) FPMIPA IKIP
Semarang.
Departemen Pendidikan Nasional.
2004. Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Edisi ke-2 Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional.
2005. Penilaian Pembelajaran Matematika Bentuk Tes. Materi Pelatihan
Terintegrasi. Buku 3. Jakarta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi
Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran,
Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. (Makalah
Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar) PPPG Matematika
Yogyakarta.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. FPMIPA Unversitas Negeri Malang.
Musser, L Gary & Burger.
1993. Mathematic for Elementary Teachers. New Jersey Prestice Hall.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2006 tentang Ujian Nasional Tahun
Pelajaran 2006/2007. 2006. Jakarta
Sudjana. 1989. Cara Belajar
Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-2 Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Suyitno, Amin. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi (Petunjuk Praktis). Semarang:
Universitas Negeri Semarang
Zaelani, Ahmad, dkk. 2006. Pendalaman
Kompetensi Matematika dan Uji Latih Mandiri Untuk Kelas VIII SMP. Bandung.
Yrama Widya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar