BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Biologi
Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam merupakan salah satu mata
pelajaran yang mempelajari makhluk hidup dan segala seluk beluknya. untuk
mengantisipasi agar peserta didik tidak bosan dan jenuh dalam mempelajari ilmu
ini, maka harus ditunjang oleh muatan kurikulum yang relevan sesuai dengan
perkembangan ilmu dan tekhnologi yang bergerak cepat dan kompek, juga dan
sangatlah penting ditopang profesional dan kemampuan guru dalam pengelolaan dan
penerapan metode pembelajara biologi didalam maupun diluar kelas.
Bertitik
tolak dari uraian diatas dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan
pengajaran biologi perlu pengubah paradigma lama bahwa guru dalam pengelola.
Kegiatan mengajar menggunakan hal yang tidak beroriantasi pada ”Bagaimana saya
belajar (Tearcher Conterend) tetapi lebih kepada bagaimana saya membelajarkan
siswa Depdiknas SN. 43.44)”. Untuk mengantisipasi Perubahan para digma tersebut
sangat didukung oleh kurikulum 2004 dimana proses belajar mengajar bukan untuk
mengejar target kurikulum semata tetapi lebih kepada Melaksanakan kompetensi
apa yang diperoleh peserta didik. Salah satu bentuk Pendekatan dalam kurikulum
2004 adalah Contektual Teaching and Learning (CTL) Bleachard, 2001, dalam
Depdiknas SN. 38 menjelaskan “Pengajaran dan Pembelajaran Contektual merupakan
suatu konsepsi yang membantu mengaitkan isi materi pelajaran dengan situasi
dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antar pengajaran dan
penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga masyarakat,
tenaga kerja”. Perangkat pembelajaran Contektual kini telah diselaraskan dengan
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dapat memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya sesuai dengan keahlian anak
itu.
Pengalaman dalam
proses pembelajaran biologi khususnya materi cara-cara perkembangbiakan dengan
metode ceramah dan diskusi tampa gambar-gambar makhluk hidup (media
pembelajaran) siswa kurang termotivasi dan suasana belajar kurang menggairahkan
serta tidak cukup efektif dalam memanfaatkan buku sumber yang ada. Berdasarkan
berbagai pemikiran diatas dan pengalaman Menjalankan tugas mendorong penulis
untuk membuat sedikit Perubahan mengenai strategi pembelajaran dan ingin
melakukan Penelitian tindakan kelas dengan judul ” Penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe stad dengan lks bergambar untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas III.3 pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Sape
tahun ajaran 2006/2007”
1.2. Perumusan
Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka
permasalahan yang timbul adalah sebagai Berikut :
1)
Motivasi belajar
siswa tentang cara-cara perkembangbiakan kurang.
2)
Kemampuan /
prestasi anak mengenal cara-cara perkembangbiakan kurang
1.3.
Cara Pemecahan masalah.
Dari
permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut penulis mencoba melaksanakan
dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar
dan didalamnya diajukan beberapa pertanyaan.
1.4.
Tujuan penelitian
1)
Mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas IX
semester I mengenai konsep cara-cara perkembangbiakan melalui pendekatan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar.
2)
Mengetahui
permasalah-permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat dicari solusinya.
1.5.
Manfaat Penelitian
1)
Bagi Siswa
Meningkatkan hasil
belajar siswa khususnya pada konsep cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup
demikian pula pada konsep-konsep berikutnya.
2)
Bagi Guru
a.
Sebagai bahan
acuan untuk mengintropeksi diri agar lebih baik dalam meningkatkan
profesionalisme untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
b.
Sebagai bahan
acuan bagi guru untuk dapat memilih metode pembelajaran bagi siswa yang lebih
tepat.
3)
Bagi Sekolah
Hasil penelitian
nanti akan memberikan sumbangan yang berharga bagi Sekolah itu sendiri dalam
rangka perbaikan pembelajaran pada Khususnya dan sekolah lainnya pada umumnya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar