ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. Dengan Penerapan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan
Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas 5 Semester Genap SDN Sambirejo 4 Kecamatan
Mantingan Kab Ngawi Tahun Pelajaran 2006/2007. Pembimbing (I)
_________________, (II) ________________
Kata kunci: Metode diskusi, upaya, prestasi belajar, PKN.
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan di SDN
Sambirejo 4 Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi, sehingga dirasa perlu mengupayakan metode
belajar yang mendukung untuk meningkatkan prestasi siswa. Dengan banyaknya
konsep yang mengemukakan tentang keuntungan-keuntungan dalam penerapan metode
diskusi, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi untuk siswa kelas 5 Semester
genap SDN Sambirejo 4 Ngawi (2) Bagaimana prestasi siswa sebelum dan sesudah
diberlakukan metode diskusi., (3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam
penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar PKN siswa, (4) Bagaimana model peningkatan prestasi dari
pelaksanaan metode diskusi.
Analisis data dilakukan secara
kualitatif dengan metode siklus, yaitu dengan menggunkan tiga siklus, yang mana
dalam setiap siklus terdapat refleksi yang dimaksudkan untuk menggali strategi
penyusunan alternatif penyempurnaan, guna penyempurnaan di tahap berikutnya.
Hasil yang diperoleh
adalah (1) Pelaksanaan metode diskusi yang dilakukan melalui tiga siklus,
dengan siklus I sebagai siklus pertama penerapan metode diskusi, siklus II
sebagai penyempurnaan dari siklus I, dan siklus III sebagai penyempurnaan dari
siklus II., (2). Terdapat perbedaan prestasi rata-rata yang jelas antara
sebelum dan sesudah diberlakukannya proses diskusi dengan metode siklus. (3).
Terdapat peningkatan prestasi yang nyata, baik dalam setiap siklus maupun hasil
akhir dari penerapan metode diskusi, yaitu setelah siklus III. Sebelum
penyelenggaraan diskusi, nilai rata-rata kelas adalah 7., setelah siklus I
adalah 7,6., setelah siklus II adalah 8,2., dan pada tahap akhir setelah siklus
III adalah 7,8. Hal ini menunjukkan dampak yang nyata dari pelaksanaan proses
diskusi yang dilaksanakan dengan metode siklus. Persamaan untuk perubahan
prestasi setelah dilakukan proses diskusi adalah Y = 0,35X + 6,3.
DAFTAR PUSTAKA
Barnadib, Sutari Imam. 1984. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta:
IKIP
E. Mulyasa. 2007. Menjadi
Guru Profesional. Bandung:
Remaja Rosda
Maknum, H.A. Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Mudhofir. 1987. Teknologi
Instruksional. Bandung:
Remadja Karya
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda
Gerlach, R. 1988. Qualitative Method. An
Introduction to Research. __________
Sa’ud, U. Syaefudin dan Maknum, H.A. Syamsudun. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Risdakarya
Tim, 2007. Pedoman
Penulisan Skripsi. Madiun: IKIP PGRI
Walpole E, Ronald. 1982. Introduction to Statistic. San
Francisco: W.H. Freeman & Co.
W.B. John, 1977. Research
in Education. India: Prentice
Hall.
JUDUL2 PTK SD LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar