ABSTRAK
Upaya untuk meningkatkan prestasi
belajar IPA pada siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berhubungan
baik dari diri siswa atau dari luar siswa. Beberapa masalah yang berhubungan
dengan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi IPA antara lain:
siswa, guru, suasana kelas dan penerapan strategi pembelajaran. Selain itu
masih banyak lagi masalah yang dapat dikemukakan dan yang herhubungan dengan upaya
meningkatkan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran IPA pada materi
peredaran darah pada manusia..
Masalah utama dalam pembelajaran IPA ialah mencari
metode atau model pembelajaran yang dapat menyampaikan materi pelajaran secara
tepat, yang memenuhi muatan tatanan nilai, agar dapat diinternalisasikan pada
diri siswa, sehingga siswa mampu mengimplementasikan hakekat nilai dalam
kehidupan sehari-hari. Mata Pelajaran IPA
tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas V merupakan merupakan bagian dari Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu Ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa
atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkap segala rahasia dan hukum
semesta.Objek IPA meliputi mempelajari karakter, gejala dan peristiwa yang terjadi
atau terkandung dalam benda - benda mati atau benda yang tidak melakukan
pengembangan diri.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen
yang terlibat dalam penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data
kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap
pelaksana proses pembelajaran, hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra
penelitian, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data
dilakukan melalui teknik analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran
kontektual CTL (contextual teaching and learning) dengan metode percobaan dapat meningkatkan Interaksi
pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi IPA hal ini dapat dilihat dari
prestasi siswa, dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa tingkat ketuntasan
semakin meningkat diimbangi dengan meningkatnya rata-rata kelas.
Kata
kunci : Proses belajar mengajar, metode pembelajaran, percobaan, kontektual,
CTL (contextual teaching and learning).
DAFTAR PUSTAKA
Alongi, C.
(1974). Response to Kay Haugaard: Comic
books revisited.
Dryden, Gordon
& Vos Jeannette.1999. Revolusi
Cara Belajar: Belajar
akan Efektif Kalau
Anda dalam Keadaan
Senang Bagian I dan II
(2nd Ed) Translated by
Word ++ Translation Service.2001 . Bandung: Kaifa
Larsen-freeman, Diane.
1986. Techniques and
Principles in Language
Teaching. Hongkong: Oxford University Press.
Wright, B.
2001. Comic book
nation: The tra nsformation of
iouth Culture in America. Baltimore,
MD: Johns Hopkins
University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar