ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxx“ UPAYA MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA ALAT MUSIK BAGI SISWA KELAS 8A
SMP NEGERI 2 BARAT PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran
yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi turunan bagi siswa kelas 8 A semester
1 di SMP Negeri 2 Barat dengan cara penggunaan alat peraga pada pembelajaran.
strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan
pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini ,
peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas
8A semester 1 di SMP Negeri 2 Barat sedangkan objeknya adalah pembelajaran
materi mengapresiasikan seni musik pada mata pelajaran pendidikan seni musik yang
diajarkan dengan cara demonstrasi dan mengaktifkan siswa dalam kelompok.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang
diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2
siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai
materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I
siswa dapat meningkat sebesar 75 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di
siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 25 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan
pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu
pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelas dan dengan tehnik
pembelajaran demonstrasi dengan alat peraga.
Keyword
1.
Pembelajaran Seni Musik
2.
Alat peraga
3. Metode
Pembelajaran demonstrasi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan
standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie,
2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR,
2005, Belajar dan Pembelajaran,
Jakarta, Rineka Cipta.
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode
Penelitian Kualitatif, Malang,
Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active
Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran
Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Sardiman. A.M, 2004, Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Nasution.Prof. Dr.M.A,
2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses
Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Suharsini Arikunto.Prof,
SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto,
2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas,
Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah.
Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam
Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep
dan Makna Pembelajaran, Bandung.
Penerbit ALFABETA.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si, 2003, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung, Remaja
Resdokarya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi / sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar