Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 16 Juni 2011

PTK SMP 016 = Pd 441 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP I Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2006-2007 Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya

ABSTRAK

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai 6,0.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut:
Siklus
Hasil belajar siswa
Nilai Rata-rata
Prosentase ketuntasan
I
5,7
55%
II
6,57
81,08%
Dari tabel diatas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.


DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2006. Model-Model Pembelajaran. Revitalisai.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.
Isdiyanto, Budi. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Makalah. Disajikan dalam LKGI Matematika Propinsi Jawa Tengah, 9-14 Juni 2003, di BPG Srondol Semarang.
Sari, Ika Marlita. 2005. Keefektifan Model Pembelajaran tutor Sebaya Terhadap Hasil belajar matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMPN 36 Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Sudjana, Nana. 1989. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jambi : Ijaung Persada Pers.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL PTK SMP LAINNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar