Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 17 Juni 2011

PTK TK 004 : Meningkatkan Minat Belajar Untuk Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Melalui Permainan Dari Bahan Sisa Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak – Kanak Pembina 2 Xxx


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan di Taman Kanak – Kanak adalah “ suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.“
Taman Kanak – Kanak  sebagai pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, memiliki kelompok sasaran anak usia 3 – 6 tahun yang sering disebut masa emas perkembangan. Di samping itu, pada anak usia ini anak – anak masih sangat rentan yang apabila penanganannya tidak tepat justru dapat merugikan anak itu sendiri.
Dalam kenyataannya minat belajar anak saat proses belajar mengajar sedang berlangsung belum optimal. Proses pembelajaran yang terjadi saat ini yaitu bermain sambil belajar seraya belajar sambil bermain.
Karena bermain adalah realisasi dari perkembangan diri dari kehidupan anak dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan anak pada waktu bermain dan melalui pengalaman anak dapat mengembangkan potensi – potensi yang dimilikinya melalui bermain. Selanjutnya dengan bertambahnya usia anak dapat dengan sadar menyerap stimulasi lingkungan dan mulai dapat mengorganisasikan serta melakukan generalisasi terhadap pengalaman yang diperoleh.

1.2 Masalah
Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran dari judul yang telah dikemukakan adalah :
1.      Keterbatasan adanya alat praga.
2.      Kurangnya minat belajar.

1.3 Rumusan Masalah
1.      Apakah proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAKEM ) melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2.
2.      Apakah penerapan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A di TK Pembina 2 dalam melakukan proses pemebelajaran.

1.4 Tujuan
1.     Untuk mengetahui proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak.
2.     Meningkatkan minat anak kelompok A di TK Pembina 2 Xxx dalam mengikuti proses pembelajaran.
3.     Meningkatkan kemampuan anak untuk lebih aktif dan kreatif.

1.5 Manfaat                                                                                                                       
Dengan penelitian tindakan kelas melalui PAKEM, melalui permainan dari bahan sisa diharapkan terjadi perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran secara lebih rinci manfaatnya adalah :
  1. Bagi pesertas didik, diharapkan mereka dapat tertarik dan senang menngikuti proses pembelajaran sehingga timbul minat untuk bernain sambil belajar mereka dihadapkan pada gambar menarik yang sesuai dengan materi pembelajaran. Mereka akan lebih mengenal berbagai macam lambang bilangan dan gambar – gambar dan dapat menyebutkan kembali isi gambar tersebut . setelah mereka menggunakan alat praga diharapkan pula kegiatan belajar mengajar bila lebih hidup semula siswa itu aktif, sehingga hasil kegiatan belajar mengajar akan lebih baik dan kemampuan perubahan perilaku peserta didik akan lebih meningkat.
  2. Bagi guru, proses pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mengajar, karena guru dituntut untuk menyusun program pembelajaran, kemudian harus menyiapkan berbagai gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Guru juga akan lebih ringan di dalam melaksanakan tugas mengajarnya, karena yang lebih aktif adalah siswa dan guru hanya mengarahkan saja..
  3. Bagi sekolah, diharapkan dengan meningkatkan minat anak, dalam proses pembelajaran, siswa akan lebih tertarik, lebih semangat, lebih senang dan bergairah dalam belajar, sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya diharapkan mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat.


DAFTAR PUSTAKA

Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Balai Pustaka. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Suryadin Asyraf. 2007. Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis.   Xxx : UBB Press
 
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL PTK TK LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar