ABSTRAK
Xxxxxxxxxxx, Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Patemon 01 Tahun Pelajaran 2006/2007 pada Materi Pecahan Melalui Pendampingan Dengan Memanfaatkan Alat Peraga dan Media Berbantuan Komputer. Skripsi Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dra. Retno Winarti, M.Pd dan Dra. Kusni, M.Si.
Kata Kunci : hasil belajar, pecahan, pendampingan, alat peraga
Selama ini pembelajaran Matematika di kelas V SD Patemon 01 dilakukan dengan komunikasi verbal. Keterlibatan peserta didik maupun penggunaan media dalam pembelajaran masih sangat terbatas. Disamping itu hasil belajar peserta didik pada materi pechan masih rendah, ditunjukkan dengan rata-rata kelasnya hanya mencapai 6,17% dan ketuntasan belajar kelas sebesar 50%. Seagai solusi alternative, dilaksanakan pendampingan dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan alat bantu peraga dan media berbantuan computer melalui penelitian tindakan kelas utuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “pakah melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan komputer , hasil belajar dan keaktifan peserta didik dapat ditingkatkan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik di kelas V SD Patemon 01 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan computer.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada 11 Oktober 2006 dan siklus II dilaksanakan pada 15 Nopember 2006. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memperoleh hasil evalasi silus I dengan rata-rata mencapai 54,29, ketuntasan belajar 40%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2 atau 50%, serta hasil evaluasi siklus II dengan rata-rata mencapai 73,06, ketuntasan belajar kelas 69,44% dan keaktifan peserta didik 2,83 atau 70,83% dengan criteria baik. Hasil evaluasi siklus II telah mencpai indicator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 65, ketuntasan belajar kelas 65%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2,6 atau 65% dengan kriteria baik.
Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media bantuan computer, hasil belajar peserta didik kelas V SD Patemin 01 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan dapat ditingkatkan.
Referensi KLIK DISINI
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar