ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx2009 “Peningkatan Kemampuan Memo harm Bacaan Siswa Kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2008/2009 Melalui Media Kliping” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, TKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd., (2) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : kemampuan memahami bacaan dan media kliping
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2008/2009 Melalui Media Kliping. Tempat penelitian adalah di kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun taliun ajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen angket dan model tes. Tempat penelitian ini adalah SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Waktu penelitian adalah bulan Maret 2009 sampai kiengan July 2009. Subjek penelitian ini siswa Siswa Kelas II SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2008/2009. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu meliputi tes memahami bacaan melalui media kliping pada siklus I dan tes memahami bacaan melalui media kliping pada siklus II.
Pada penelitian ini dilakukan dengan mengamati siswa yang memiliki prestasi yang berbeda, yaitu siswa yang memiliki prestasi tinggi, sedang, dan prestasi yang rendah dalam peningkatan kemamtapan memahami bacaan melalui media kliping. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun tahun ajaran 2008/2009.
Berdasarkan hasil penelitian “Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo; Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2008/2009 melalui Media Kliping”, dapat disimpukan sebagai berikut; (1) kemampuan rata-rata siswa memahami bacaan melalui media kliping pada sikus I sebesar 68,83 atau 56% (17orang) dari 30 siswa.; (2) Pada siklus II kemampuan rata-rata memahami bacaan melalui media kliping siswa tneningkat, yaitu sebesar 77,16 atau mencapai 90% (27 orang). Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan siswa Kelas 4 SDN Kuwu 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2008/2009 melalui Media Kliping dikatakan berkualitas karena persentase hasil pembelajaran siswa lebih dari 75%.
DAFTAR PUSTAKA
Arief S. Sadiman dkk. 1996. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Persada.
Darmiyati Zuhdi. 2007. Strategi Meningatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Kornprehensi. Yogyakzjtu. TINY press.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahaha dan Sastra Indonesia. Jakarta. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengemba ngan.
Enco Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Reniadja Rosdakarya.
Henry Guntur Tarigan. 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbu'iasa. Bandung : Penerbit Angkasa.
Mulyanti Sumantri & Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Mustakim. 1994. Membirza Kemampuan Berbahasa: Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustal:a iJtama.
Nurhadi. 1995, Bagaimana Meningkatkan Kemantpuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.
_________ . 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarlam. 2004. Teori dan Praktek. Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
Suyatmi. 2000. Membaca 1. Surakarta. UNS Press.
Zaenal Arifin dan Amran Tasai. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia Jakarta: Akademika Press Indonesia.
http://hanckey.pbwiki.com/f/keaiatan+pembelaiaran+(7).ppt.0. diakses 30 Maret 2009.
http://robiah.bloginalhikdua.com /2008 /12 /21/teknik-membaca/.dakses 11 april 2009.
http://lib.ugrn.ac.id/data/pubdata /pusta/ijlis.pd: di akses 20 Juli 2009.
Referensi Lainnya KLIK DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar