ABSTRAK
xxxxxxxxxx 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Teknik Pemodelan Pada Siswa Kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. V. Teguh Suharto, M.Pd. (2) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas, Teknik Pemodelan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat dinas melalui teknik pemodelan pada siswa kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadakan 2 siklus tindakan yaitu (1) Tidakan perencanaan (planning) (2) Tindakan pelaksanaan (acting) (3) Tindakan pengamatan (observasi) (4) Tindakan refleksi (reflecting). Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang kemampuan siswa SDN Patalan 2, Kendal, Ngawi dalam pembelajaran menulis surat dinas, pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, diskusi, kajian dokumen dan tes. Dianalisis dengan menerapkan teknik kategorisasi, klasifikasi, komparasi dan kausalitas. Hasil penelitian pada siklus I ke siklus II tentang peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan teknik pemodelan pada siswa SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009 adalah : (1) Pada siklus I nilai rata-rata 68.90%, (2) Pada siklus II nilai rata-rata 87.50% meningkat 18.60%.
Berdasarkan penelitian pada setiap siklus diatas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan teknik pemodelan pada siswa SDN Patalan 2, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Abdullah Ambari. 1998. Penuntun Terampil Berbahasa Indonesia. Bandung: Trigenda karya
Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Depdikbud.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Draf Final. Jakarta: Depdiknas.
Halim Amran,dkk. 2002 Ujian Bahasa. Bandung: Ganaco.
Leo Idra Ardiana, dkk. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Menyimak. Jakarta: direktur SUP, Dirjen Didasmen, Depdiknas.
Muhammad Ahmadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.
Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Rochiati Wiraatmadja 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
Rochman Natawidjaja. 1997. Makalah: Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Reseach).
Soedjito dan Solechan TW. 1993. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung Remaja Rosda Jaya.
Supranata Sumarna. 2005. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implementasi, Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Jaya.
W. Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Zakaria Badudu. 1991. Pandai Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Buku Referensi Lainnya KLIK DISINI
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar