ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Sebagai persyaratan dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari analisis data dengan uji-t diperoleh harga thit = 4.399, sedangkan ttabel = 1.665 untuk taraf signifikansi 5%. Karena thit > ttabel sehingga H0 ditolak. Berarti H1 diterima, maka ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Berdasarkan data yang tersedia diperoleh rerata kelompok eksperimen 8.33 dan kelompok kontrol 7.47. Dengan demikian siswa yang diberi pengajaran menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada dengan pengajaran konvensional.
Kata Kunci : Pendekatan Open Ended, pembelajaran konvensional.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyono. 2000. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, Nana. 1996. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Rohmatul Wasi’ah. 2004. Pembelajaran Open Ended dan Pembelajaran Konvensional. http:/www.google.com.
R. Poppy Yaniawati. 2004. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. http:/www.google.com.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Shimada, S. dan Becker, JP. (1997). The Open Ended Approach : A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council Of Teachers of Mathematics.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Tim. 2002. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta.
Usman, Husaini dan Purnomo S.A. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.
Purwoto. 1998, Strategi Belajar Matematika, Surakarta UNS, Press.
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta UNS, Press.
Husein Tampomas. 1999. Seribu Pena Matematika SMU Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Wiyoto. 2005. Matematika Teknik SMK Teknologi dan Industri. Bandung : Angkasa. 57
Tim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Sugiyono. 2003. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Roestiyah, N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Andi Hakim Nasution. 1996. Matematika I Untuk SMU Kelas I. Jakarta : Dekdikbud.
Wirodikromo, Sartono. 2004. Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga
Referensi Lainnya KLIK DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar