Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Minggu, 18 Maret 2012

Kd 015: Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit Melalui Kepatuhan Prosedur Kerja Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember


BAB 1.
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sehat adalah keadaan sejahtera, baik dari segi badan, mental spiritual (dirinya sendiri) maupun segi sosial budaya (lingkungannya). Sehat merupakan kehendak semua pihak, tidak hanya oleh  perorangan, tetapi  oleh keluarga, kelompok dan  masyarakat. Keadaan sehat membutuhkan banyak hal, salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan (Azwar, 1996).
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat (Leevey dan Loomba, 1973 dalam Azwar,1996). Bentuk dan jenis pelayanan kesehatan ada dua, yaitu pelayanan kedokteran dan pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama dalam satu organisasi (institution). Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan serta sasaran utamanya untuk perseorangan dan keluarga. Pelayanan kesehatan masyarakat ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam suatu organisasi, tujuan utamanya adalah  memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit,  sasaran utamanya untuk kelompok dan masyarakat (Hodgetts dan Cascio, 1983 dalam Azwar, 1996).
            Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, oleh karena itu rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat (Keputusan Menteri Kesehatan No. 228/2002).
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (RSGM FKG Universitas Jember) merupakan rumah sakit khusus, karena hanya memberikan satu jenis pelayanan kesehatan yaitu kesehatan gigi dan mulut. RSGM FKG Universitas Jember mengharapkan agar tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat terpenuhi, maka rumah sakit merupakan sarana pelayanan yang paling dibutuhkan, karena memberikan pelayanan secara optimal dari tingkat dasar hingga paling canggih. Kesehatan gigi dan mulut  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kesehatan lainnya, sangat membutuhkan sarana pelayanan kesehatan yang komprehensif dan multifungsional berupa rumah sakit gigi dan mulut sebagai pusat rujukan bagi pelayanan kesehatan gigi, lahan pendidikan dan penelitian. Peningkatan standar pelayanan kesehatan dari RSGM FKG Universitas Jember dibutuhkan agar RSGM dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mutu pelayanan yang memenuhi standar pelayanan yang berlaku (Depkes RI, 2003).
Penilaian adalah suatu proses yang teratur dan sistematis dalam membandingkan hasil yang dicapai dengan tolok ukur atau kriteria yang telah ditetapkan, dilanjutkan dengan pengambilan kesimpulan serta penyusunan saran-saran yang dapat dilakukan pada setiap tahap dari pelaksanaan program (The International Clearing House on Adolescent Fertility Control for Population Options dalam Azwar, 1996).
Penilaian tentang standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur kerja di RSGM FKG Universitas Jember merupakan salah satu upaya evaluasi hasil karya tenaga kerja dengan membandingkan terhadap standar. Penilaian prestasi harus melibatkan seluruh jajaran organisasi, penilaian harus mengetahui benar aspek yang berkaitan dengan tugas, tanggung jawab tenaga kerja dan mengetahui kriteria yang akan dinilai,  terlebih dahulu harus ditetapkan instrumen penilaian prestasi kerja (Darmanto, 1997).
RSGM FKG Universitas Jember merupakan salah satu rumah sakit pendidikan dengan rata-rata kunjungan per hari 118 orang dan jumlah total kunjungan dalam 1 tahun adalah 25.759 orang. Jumlah tersebut sudah melebihi standar minimal rata-rata kunjungan yang telah ditetapkan. Dewi Irin (2005), menyatakan bahwa 85,7% responden menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan RSGM FKG Universitas Jember. Iin Rahmawati (2006) menyatakan bahwa pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSGM belum baik, karena hanya 41,8% responden yang menjawab baik. Dengan jumlah pasien setiap tahun yang terus meningkat, penulis ingin mengetahui apakah pelayanan yang diberikan kepada pasien sudah mematuhi standar pelayanan yang berlaku.
Penelitian tentang penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur kerja dilakukan di RSGM FKG Universitas Jember untuk mengetahui standar pelayanan rumah sakit yang diukur dari kepatuhan prosedur kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat profesi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah adalah  bagaimana standar pelayanan RSGM yang diukur melalui kepatuhan prosedur kerja yang diterapkan oleh RSGM FKG Universitas Jember.

1.3  Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan untuk mengetahui standar pelayanan rumah sakit yang dilakukan mahasiswa tingkat profesi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember yang melaksanakan praktikum klinik melalui kepatuhan prosedur kerja di RSGM FKG Universitas Jember.

1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian adalah:
1.      Meningkatkan standar pelayanan RSGM FKG Universitas Jember
2.      Memberikan masukan dan evaluasi pada pihak RSGM FKG Universitas Jember untuk meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik di masa datang.




DAFTAR BACAAN

 Adikoesoemo, Suparto. 1994. Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan 
Aditama, Tjandra Yoga. 2002. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta : Universitas  Indonesia
Astoeti, T.E. 2000. Kepuasan Pelanggan sebagai Tantangan Dokter Gigi di
Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Memasuki Millenium
Ketiga. Dalam majalah Ilmiah Kedokteran Gigi Edisi Khusus FORIL (Juni)
Usakti. Jakarta : FKG Usakti.
Astoeti, T.E. 2000. Strategi Pengembangan Institusi Pelayanan Kesehatan Gigi dengan Pendekatan Riset Operasional. Dalam Jurnal Kedokteran UI. Vol.  7. Edisi Khusus. Jakarta : FK UI.
Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara
Baum, Lloyd. 1997. Buku Ajar Ilmu Konservasi Gigi. Alih bahasa: Prof. dr. drg. Rasinta Tarigan. Jakarta: EGC
Departemen Kesehatan RI. 2000. Pedoman Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas. Jakarta
Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional RSGM FKG Universitas Jember. 2005. Standar operating prosedur (SOP). Jember: Universitas Jember
Departemen Pendidikan Nasional RSGM FKG Universitas Jember. 2006. Laporan Penyelenggaraan RSGM FKG Universitas Jember. Jember: Universitas Jember
Djojodibroto, Darmanto R. 1997. Kiat Mengelola Rumah Sakit. Jakarta: Hipokrates
Djoharnas, H. 1997. Pengembangan Tenaga kesehatan Gigi Indonesia Dimasa Depan. Dalam Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Vol. 4. Edisi Khusus. Jakarta : FKG UI.
Irawan dan Swastha, B. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 228/MENKES/SK/III/2002 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Yang Wajib Dilaksanakan Daerah.
Kongstvedt, P. R. 2000. Pokok-Pokok Pengelolaan Usaha Pelayanan Kesehatan. Alih Bahasa: Susi Purwoko. Jakarta : EGC.
Mc Mahon, Rosemary. 1999. Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer. Alih bahasa: Ali Sadikin. Jakarta: EGC
Mohamad, Kartono.2005. UU Praktik Kedokteran Melindungi Pasien atau Dokter
Nasution, Bahder Johan.2005. Hukum Kedokteran Pertanggungjawaban Dokter. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngatimin, H.M.R. 1988. Indikator Keberhasilan Pembangunan Kesehatan. Majalah Kesehatan Masyarakat Indonesia. Edisi 12. No.7.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta.
Oetojo, Imam. 1990. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kedokteran Gigi. Jakarta: Rineka Cipta.
Pedersen. 1996. Buku Ajar Praktis Bedah Mulut. Alih bahasa: drg. Lilian Yuwono. Jakarta: EGC
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1173 /MENKES/PER/X/2004  tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut.
Persatuan Dokter Gigi Indonesia. 1999. Standar Pelayanan Medis Kedokteran Gigi Indonesia. Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia
RSGM UNEJ. 2007. Laporan Penyelenggaraan  RSGM UNEJ Tahun 2006. Jember: RSGM UNEJ.
Sanapiah, F. 1995. Format-format penelitian sosial. Jakarta : Rajawali Press
Sindhunata. 2000. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.
Staf medis fungsional bedah mulut universitas jember. 2005. Buku Petunjuk Praktikum Klinik Bedah Mulut. Jember: Universitas Jember.
Staf Pengajar bagian Ilmu Konservasi Gigi. 2005. Petunjuk Praktikum Klinik Konservasi Gigi. Jember: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia FKG Universitas Jember
 Staf bagian Periodonsia. 2005. Petunjuk Praktikum Periodonsia. Jember: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia FKG Universitas Jember
Tim Ilmu penyakit Mulut. 2005. Pedoman Dan Petunjuk Praktikum Penyakit Mulut Semester Gasal 2005/2006. Jember: Bagian Penyakit Mulut FKG Universitas Jember
Undang-Undang Praktik Kedokteran. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran Beserta Penjelasannya. Yogyakarta: Mocomedia
Wijayanti, Dewi Irin. 2004.Tanggapan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di RSGM FKG UNEJ. 2004. Jember: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.
Wijono, D. 1997. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press
Wijono, D. 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Ksehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Wolper, L.F. 2001. Administrasi Layanan Kesehatan. Alih Bahasa: Ali Ghufron Mukti.Jakarta : EGC.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi / sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar