Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Rabu, 07 Maret 2012

PTS 003: UPAYA PENINGKATAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI SUPERVISI KELAS PADA SD NEGERI 68 SANGGAU


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Keberhasilan suatu organisasi atau lembaga dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor internal antara lain SDM, fasilitas, sistem organisasi, dan lain-lain memegang peranan yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan organisasi. Faktor-faktor eksternal yaitu lingkungan, para stakeholders, regulasi pemerintah, dan lain-lain juga memiliki pengaruh dalam memajukan organisasi. Meskipun demikian, harus diakui bahwa faktor-faktor internal, terutama SDM, memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan faktor eksternal. Karena dengan SDM yang baik, tantangan eksternal akan mampu diubah menjadi peluang.
Demikian juga dengan sekolah, faktor-faktor internal antara lain kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, pustakawan, siswa, fasilitas, dan faktor internal lainnya memegang peranan sangat penting dalam memajukan sekolah, di samping faktor eksternal. Bagaimanapun juga, peranan SDM di sekolah, khususnya guru dan kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya.
Satu di antara tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi klinis. Untuk melaksanakan supervisi klinis secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal (Glickman, at al; 2007). Oleh sebab itu,  setiap Kepala sekolah harus memiliki keterampilan teknikal berupa kemampuan menerapkan teknik-teknik supervisi yang tepat dalam melaksanakan supervisi klinis. Teknik-teknik supervisi klinis meliputi dua macam, yaitu: individual dan kelompok (Gwyn, 1961). Pada Penelitian tindakan Sekolah yang dilakukan oleh penulis ini supervisi yang dilakukan adalah individual berupa observasi kelas. Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi  perseorangan terhadap guru. Supervisor di sini hanya berhadapan dengan seorang guru sehingga dari hasil supervisi ini akan diketahui kualitas pembelajarannya.
Observasi kelas adalah mengamati proses pembelajaran secara teliti di kelas. Tujuannya adalah untuk memperoleh data obyektif  aspek-aspek situasi pembelajaran, kesulitan-kesulitan guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajaran. Pada penelitian ini aspek yang diobservasi adalah cara strategi Proses Belajar Mengajar.  Melalui supervisi kelas diharapkan guru mampu mengembangkan strategi pembelajaran secara optimal. Dengan demikian, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang muncul dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.      Rendahnya kemampuan guru dalam pengelolaan strategi pembelajaran.
2.      Hanya 60% dari guru yang mampu mengembangkan strategi pembelajaran untuk tahun pelajaran yang berjalan.

3.      Hanya 50% dari guru yang memahami pentingnya pengembangan strategi pembelajaran.
4.      Hanya 60% dari guru yang secara aktif berupaya mengembangkan strategi belajar mengajar  yang sesuai dengan materi pembelajaran.

C.    Pembatasan Masalah
            Dalam penelitian ini, dari masalah-masalah yang telah teridentifikasi seperti telah disebutkan di atas, maka masalah penelitian dibatasi pada upaya meningkatkan kemampuan guru mengembangkan strategi belajar mengajar di kelas.

D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah yang telah diuraikan di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Apakah melalui supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru mengembangkan strategi  pembelajaran?
2.      Bagaimana langkah-langkah supervisi kelas agar dapat meningkatkan kemampuan guru mengembangkan strategi pembelajaran secara optimal?



DAFTAR PUSTAKA

Asep Herry Hernawan, dkk, 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Denny Setiawan, 2007. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Supervisi Akademik ( Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah ), Jakarta.: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.
Kasim, S.Pd, M.Si. 2006. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), Bahan Ajar TOT KKG / MGMP, Pontianak : Widyaiswara LPMP Kalimantan Barat.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar Negeri 08 Sejata, Tahun Pelajaran 2009/2010.
Mikarsa Hera Lestari,Ph.D,dkk.2005. Pendidikan Anak di SD, Jakarta:  Universitas Terbuka.
Santoso Puji, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparno, Prof, Dr, dan Mohamad Yusus, S.S, MA.  2004.  Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim PKP FKIP UT, 2009, Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Zainul Asmani, Prof, Dr, M.Ed, dan Drs. Agus Mulyana. 2005. Tes dan Asesmen di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
K. Roestiyah,N (1991). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rneka Cipta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar