Pencarian

Memuat...

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke 085 725 363 887


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 22 Maret 2012

PT 046: ANALIS1S POTENSI W1LAYAH UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG DI KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN



ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan di daerah Kecamatan Lubuk Alung ini yang bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu ; (I) Potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki kecamatan Lubuk Alung, (2) Potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di kecamatan Lubuk Alung untuk pengembangan usaha ternak sapi potong, dan (3) Untuk mengetahui lembaga pengembangan sapi potong di  Kecamatan Lubuk Alung. Waktu penelitian dari tanggal 30 Juli sampai dengan tanggal 30 Agustus 2007. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari salah satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan responden ditetapkan secara Quota, sebanyak 45 KK RTF yang tersebar pada sepuluh kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Alung, dari 45 KKRTP di Stratakan menjadi 3 kelompok, dari yang terbanyak, sedang, dan sedikit.
Di tinjau dari aspek sumber daya alam yang dimiliki, Kecamatan Lubuk Alung  memiliki potensi yang dapat menunjang pengembangan usaha sapi potong. Sedangkan dilihat dari aspek sumber daya manusia yang terdiri dari ; (I) Umur yang produktir untuk berusaha (15-64 th = 97.78%), (2) pengalaman beternak (> 10 th - 55,56%), (3) jumlah anggota keluarga (3-4 orang = 48.89%), (4) jumlah ternak sapi yang dipelihara (1-3 ekor =84.44%) dan (5) pekerjaan utama (petani = 60 %).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecamatan Lubuk Alung belum memiliki potensi untuk dilakukan peningkatan populasi sapi potong ditinjau dari sumber daya alam yang tersedia, hal ini ditunjukkan dengan didapatnya nilai KPPTR SL sapi potong yaitu sebesar -8 380.81 ST. Kelembagaan yang tersedia yeng dapat mendukung pengembangan usaha sapi potong di Kecamatan Lubuk Alung diantaranya adalah Dinas Peternakan, Pertanian dan Kehutanan, Lembaga Keuangan (Bank Nagari). Kelompok peternak. Sedangkan kelembagaan pendukung yang tersedia lainnya seperti pos keswan, RPH tempat ini telah tersedia tapi tidak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya peternak. .

Kata Kunci : Potensi, Pengembangan, Sapi Potong, KPPTR SL


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Z . 2002. Penggemukan Sapi Potong. Agro Media Pustaka. Jakarta.
Aksi Agraris Kanisius. 1978. Petunjuk Berternak Sapi Potong. Agro Media Pustaka, Jakarta.
Atmadilaga, D. 1976. Kedudukan usaha ternak tradisional dan perusahaan ternak dalam sistem pembanguna peternakan, Biro Research dan Afiliansi Fakultas Peternakan. Universitas Padjajaran, Bandung.
Bachtiar, N. 1991. Peranan pubsektor peternakan dalam perekonomian Indonesia. Makalah Pada Diskusi Staf Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang.
BPS Kabupaten Padang Pariaman. 2005. Kecamatan Lubuk Alung dalam Angka. BPS, Kabupaten Padang Pariaman.
Daniel, M. 2003. Metodologi Penelitian Survei. Bumi Aksara, Jakarta.
Dinas Perternakan, 2001. Rencana Strategi Pembangunan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dinas Peternakan, Padang.
Direktorat Bina Usaha Tani. 1985. Usaha Peternakan Perencanaan Usaha, Analisa dan Pengolahan. Dirjen Peternakan. Depertemen Pertanian, Jakarta.
Direktorat Jenderal Peternakan. 1992. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Panca Usaha Ternak potong Direktorat Jendral Peternakan. Proyek Usaha Sapi potong, Jakarta.
Direktorat Jenderal Peternakan. 1998. Kajian Pola Pengembangan Peternakan Rakyat Berwawasan Agribisnis. Lembaga Penelitian Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Direktorat Jenderal Peternakan. 2003. Buku Statistik Peternakan. Direktorat Bina Penyebaran Peternakan, Jakarta.
Dwiyanto, K. 2002. Pemanfaatan sumber daya lokal dan inovasi teknologi dalam Mendukung usaha agribisnis yang berdaya saing, Berkelanjutan, dan berkarakyatan. Wartozoa 12 (1) : 1-8.
Haryanto, B. 2004. Sistem Integrasi padi ternak dan ternak sapi (SIPT) dalam Program P3T. Makalah disampaikan Pada Seminar Pekan Nasional di Balai Penelitian Tanaman Padi. Sukamadi 15-19-2004.
Lumis. 1994. Social System Essay Or Their Persistence and Change. Vannostrand Company, London.
Makka, .J. 2004. Prospek kumpulan karya ilmiah pengembangan sistem integrasi peternakan yang Berdaya Saing. Prosiding Seminar Nasional Sistem Integrasi Tanaman Ternak. Denpasar, Bali 20-22 juli 2004.
Mosher, A.T. 1996. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. CV.Yasaguna, Jakarta.
Mubyarto. 1984. Pengantar Ilmu Pertanian, Penerbit Kanisius, Jakarta.
Murtidjo, B.A. 1992. Beternak Sapi Potong, Penerbit Kanisius, Jakarta.
Nell, A.J dan D.H.I. Rollinson. 1974. The requirent and availability of live Stock Feed In Indonesia. UNDP Projed INS/72/009.
Rahardi, F dan Rudi Hartono. 2005. Agribisnis Peternakan. Penebar Swadaya, Jakarta.
Rahardi, F, Imam, S dan R.N. Styowati.1999. Agribisnis Peternakan. Penebar Swadaya, Jakarta.
Santosa, U. 1997. Prospek Agribisnis Pengembangan Pedet. Penebar swadaya, Jakarta.
Santosa, U. 2005. Tatalaksana Pemeliharaan Ternak Sapi. Penebar Swadaya, Jakarta.
Saragih, B. 2001. Kumpulan Pemikiran : Agribisnis Berbasis Peternakan. USESE Foundation dan PSP Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Simamora, B. 2004. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Simanjuntak, P.J. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber  Daya Manusia. Lembaga Penerbit. Fakultas Ekonomi Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Singarimbun, M dan S. Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES, Jakarta.
Siregar, S.B. 2005. Penggemukan Sapi, Penebar Swadaya, Jakarta.
Siregar, S.B., Soediman dan T. Manurung.1981. Budi Daya Ternak dalam Usahatani Ternak dalam Usahatani Terpadu di Daerah Penelitian Peternakan 23-26 Maret 1981, Ilmu Usaha Tani Terpadu dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.
Soekartawi. 1996. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Rajawali Pers, Jakarta.
Sugeng. 2004. Sapi Potong, Penebar Swadaya, Jakarta.
Suhardjo dan Patong, D. 1973. Sendi-Sendi Pokok Ilmu Usaha Tani. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Institut Pertanian Bogor, Bogor.  
Tafal, Z. B. 1981. Ranci Sapi. Brhatara Karya Aksara, Jakarta.
Tohir, K. 1983. Seuntai Pengetahuan Tentang Usaha Tani Indonesia. Bina Aksara, Jakarta.
Wariso, R.M.1998. Penelitian Pemberdayaan Kerja Sama Kelembagaan. Integrated Swamp Development Project, Badan Litbang Pertanian, Jakarta.



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP 085725363887   
KEMBALI KE HALAMAN AWAL   






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar