ABSTRAK
xxxxxxxxx. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menyusun narrative text menggunakan
series of pictures dengan pendekatan kontekstual (CTL). Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Pembimbing: (1) Imroatus
Solikhah, S.Pd., M.Pd. (2) Ratih Wijayava, S.Pd., M.Hum.
Kata
Kunci: Meningkatkan, Narrative text, Series of Pictures, CTL.
Observasi
awal menunjukkan bahwa Kompetensi menulis (writing) siswa kelas VIII A
MTs NU Tengguli Jepara masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan
menyusun Narrative Text. Hasil observasi kelas menunjukkan siswa kurang
termotivasi dalam pembelajaran menulis narrative. Permasalahan tersebut
menyebabkan hasil belajar menulis narrative kurang maksimal yang berdampak
tidak tercapainya KKM.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narrative text menggunakan
series of pictures dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII A
MTs NU Tengguli kabupaten jepara.
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam tiga siklus. Setiap
siklus terdiri dari perencanaan (planning) Pelaksanaan (Action) Pengamatan
(Observation) dan refleksi (Reflection). Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A MTs NU Tengguli Tahun pelajaran 2010/2011. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Untuk data
kuantitatif, peneliti menggunakan pretest dan posttest sedangkan
data kualitatif, peneliti mengadakan pengamatan langsung di kelas, interviu,
dan kuesioner. Analisis data kuantitatif, digunakan deskriptif statistik
sedangkan analisis data kualitatif digunakan metode Constant Comparative yang
didesain oleh Strauss dan Glasser.
Berdasarkan
data yang diperoleh, nilai rata-rata aktifitas siswa mengalami peningkatan.
Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 57.8, pada siklus II ratarata nilai
siswa adalah 62, dan pada pada siklus III rata-rata nilai siswa adalah 71. Ada
peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyusun narrative
text menggunakan series of pictures dengan pendekatan kontekstual.
Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa. Pada awalnya,
siswa tidak mempunyai motivasi dan tidak tertarik pada pelajaran bahasa Inggris,
namun setelah diadakan penelitian dengan menggunakan media series of
pictures dengan motode pendekatan kontekstual, hasilnya menunjukkan bahwa
penelitian tersebut bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun narrative
text pada siswa kelas 8A MTs NU Tengguli Kabupaten Jepara.
Saran
yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu penggunaan media series of
pictures dan strategi CTL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran
aspek menulis (writing) terutama narrative text dan Jenis jenis teks
(genre) lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prof. 2002. Prosedur
penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian
tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.
Bandono.2008.http://bandono.web.id/2008/03/07/menyusun-modelpembelajarancontextual-teaching-and-learning-ctl.php.
Bowen, Betty Morgan. 1994. Look Here! Visual Aid in Language Teaching. Mac Millan
Publisers LTD: London.
Burn, Anne. 1999. Collaborative Action Research for English Language Teacher. United Kingdom:
Cambridge University Press.
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris 1& 2. Jakarta :
Departemen Pendidikan Nasional.
_______ 2004. Kurikulum 2004. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Gerot, Linda And Peter Wignell. 1995. Making sense of functional Grammar. Australia: gerd
stabler.
Hammond et al. 1992. English for special purposes: A Handbook for
Teacher of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.
Hornby, A.S. 2006. Oxford Advanced Learner's Dictionary Of Current
English. Oxford: Oxford University Press.
Irawati, Ratih. 2008. Penerapan
Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk menngkatkan aktifitas
dan hasil belajar pokok bahasan Koloid siswa kelas XI SAM N I Kendal. Skripsi. UNS
Semarang.
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Corwin Press
Inc: Thousand Oaks, California.
Kasbolah, E.S.Kasihani.2001. Penelitian tindakan kelas. Malang:
Universitas Negeri Malang Press.
Kushartati, Arijani.2008. Improving The
Student's Ability In Constructing Recount Text By Using Series Of Picture In
Contextual Teaching And Learning. Skripsi. Sebelas Maret University
Surakarta.
Meilianan, Azizah Noor. 2008. Teaching Narrative
text of the third grade machine students
of SMK Wisuhuda Karya Kudus using reciprocal teaching technique in academic year
2007/2008. Skripsi. UMK Kudus.
Moleong, Lexy J. Prof. DR 2007. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda
Karya.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dan Penerapanya dalam KBK. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Priyana, joko, Amys R Irjayanti, dan Virga Renitasari. 2008. SCAFFOLDING.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Raimes, Ann. 1983. Techniques
In Teaching Writing. Oxford University Press.
Setiawan, Otong.
2007.
Genre. Bandung: Yrama Widya.
Strauss And Olaser. 1980. The
Discovery of Grounded Theory. Strategies for Qualitative Research. New
York: Aldine Publising Company.
Soekartiwi, 1996. Rancangan
Instruksional. Jakarta: PT. Raja Grafmdo Persada.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi.
2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Yuliani, Marta. 2008. A Guide To Write
Narrative Text. Bandung: Pakar Raya.
______, 2008. Identifying
Kinds Of Genre. Bandung: Pakar Raya.
http://www.whasit.blogspot.com/2009105/contoh karya
-ilmiah.html
pJ/www.slideshare.net/abeyaw/pembelajaran-kontekstualcontextual-teaching
ndrrg-ctl
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar