BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Persaingan didunia bisnis saat ini semakin meningkat
dengan ketat, barang dan jasa yang ada di pasaran bisa memiliki keseragaman
antara produk yang satu dengan produk yang lain. Hal ini dapat terjadi karena
suatu produk yang sukses di pasar akan segera diikuti oleh para pesaing dengan
menghasilkan produk yang sejenis dengan produk yang sukses tersebut, maka perlu
adanya peningkatan didalam strategi pemasaran perusahaan agar tetap eksis di
pasaran.
Banyaknya keseragaman pada produk-produk yang terdapat
di pasar, membuat para konsumen dihadapkan pada banyaknya pilihan terhadap
produk yang diinginkan. Informasi yang konsumen dapatkan tentang penjelasan
produk dalam kemasan tersebut tidak begitu membantu konsumen dalam menentukan
keputusan dalam pembelian produk.
Karena banyaknya keseragaman produk dipasaran,
konsumen cenderung lebih memilih produk yang lainnya. Produk yang memiliki perbedaan
akan lebih menarik perhatian konsumen dan dapat membantu konsumen untuk mengambil
keputusan pembelian produk dibandingkan dengan produk yang banyak beredar dipasaran
untuk fungsi yang sama. Perbedaan produk yang berhasil dicapai oleh suatu
perusahaan harus disertai dengan kualitas produk yang baik, karena produk yang
berbeda dipasaran apabila tidak dibarengi dengan kualitas yang baik maka tidak
akan dinikmati oleh konsumen.
Permasalahan manajemen dalam perusahaan merupakan
salah satu bagian yang sangat penting. Pemasaran yang dilakukan dengan strategi
yang baik akan dapat menempatkan produk pada posisi yang tepat dan menguasai
pasar. Pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk mengarahkan
usahanya guna memuaskan konsumen dengan memperoleh keuntungan. Dan ini
merupakan pemikiran baru dalam bisnis dan menggantikan cara berfikir yang
mengarah pada produk.
Konsep pemasaran merupakan suatu strategi bahwa
perusahaan akan mengubah cara-cara yang biasa dipakai dengan berorientasi pada
pasar dan berusaha untuk menghasilkan apa yang diinginkan konsumen, perusahaan
juga harus ingat pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan.
CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu merupakan salah
satu industri yang bergerak dalam bidang kecantikan, kesehatan, kerajinan, dll.
Dalam proses pembuatan produksinya perusahaan menggunakan bahan baku kelapa. Perusahaan
dalam menjalankan usahanya selalu mengutamakan citra perusahaan yang baik,
berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Penguasaan dalam
pembuatan produk terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usahanya,
perusahaan juga selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan
dengan perusahaan.
Karena produk CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu
masih baru di pasaran dan belum adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga
menyebabkan tingkat penjualan yang belum maksimal serta ketatnya
persaingan-persaingan di industri dengan perusahaan-perusahaan lainnya,
sehingga menuntut pihak perusahaan untuk dapat menentukan serta merencanakan
strategi pemasaran yang baik bagi perusahaan.
Perusahaan juga harus dapat menyusun strategi-strategi
pemasaran sebaik mungkin dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada
disamping itu perusahaan harus dapat juga mengantisipasi gerakan pesaing dan
ancaman.
Penetapan strategi pemasaran akan berpengaruh terhadap
naik turunnya hasil penjualan perusahaan. Untuk dapat mencapai apa yang
diinginkan oleh pihak perusahaan, perlu di perhatikan lingkungan internal dan
eksternal perusahaan. Mengingat kedua faktor tersebut sangat berpengaruh
terhadap kebijakan perusahaan dalam kelangsungan kegiatan usahanya maka dengan
latar belakang masalah diatas, penulis mengambil judul :
“ Penggunaan
analisis SWOT dan analisis AHP untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan”
B. Identifikasi Masalah
Permasalahan yang ada pada perusahaan CV. Pusat
pengolahan kelapa terpadu Yogyakarta khususnya masalah strategi pemasaran yaitu :
1. Adanya
pesaing yang ketat terhadap perusahaan.
2.
Belum adanya perencanan dalam
menentukan strategi pemasaran.
3.
Belum terjalinnya komunikasi
yang baik antara pimpinan dengan karyawan sehingga dalam pengambilan keputusan
perusahaan selalu kurang maksimal.
C. Batasan Masalah
Untuk menjaga agar
lingkup permasalahan ini tidak terlalu luas dan agar dapat dianalisa dengan
baik, maka batasan masalah :
1. Penelitian hanya dilakukan dalam
menentukan strategi pemasaran perusahaan.
2. Pembahasan hanya tentang menentukan
strategi-strategi pemasaran dalam perusahaan.
3. Analisis dilakukan dengan metode
SWOT dan AHP (Analytic hierarchy process).
D. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana strategi pemasaran
yang tepat untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan?
2.
Bagaimana program kerja untuk
merealisasikan strategi pemasaran yang akan dilaksanakan perusahaan ?
3.
Bagaimana menentukan strategi
pemasaran perusahaan yang dapat meningkatkan hasil penjualan?
E. Tujuan Penelitian
Untuk menambah rekomendasi dalam menentukan strategi pemasaran
perusahaan dan mengusulkan program-program kerja yang dapat menambah volume
penjualan melalui hasil peneliti dalam menentukan strategi pemasaran
perusahaan.
F. Manfaat Penelitian
Hasil dari
penelitian ini, agar dapat diterapkan didalam perusahaan, dengan cara :
1.
Perusahaan dapat menerapkan
hasil penelitian ini dengan memasukkan kedalam program-program kerja yang sudah
disusun oleh perusahaan.
2.
Perusahaan dapat meningkatkan
strategi pemasaran perusahaan melalui penerapan hasil penelitiaan ini melalui
pengambilan keputusan dalam perusahaan.
3.
Meningkatkan pangsa pasar
sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan sehingga dapat menguntungkan
lebih besar lagi dari sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Higgins, linese. 1989, Dalam nurhayati, Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran,
2001.
KOTLER PHILIP, 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi I, penerbit pustaka utama Jakarta.
Freddy Rangkuti.2002, Analisis SWOT teknik membedah kasusu bisnis, PT. Gramedia pustaka
utama jakarta
Irawan, Faried wijaya, Sudjoni, Pemasaran prinsip dan kasus, Edisi kedua, Penerbit
BPFE-Yogyakarta1996
Fandy Tjiptono.1997, Startegi Pemasaran, Edisi kedua, Penerbit ANDI Yogyakarta.
Freddy Rangkuti. 1996, Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Alim, S., Strategi Pemasaran Produk Baru Merek Semen
Serba Guna di PT. Holcim Indonesia
Tbk, UAD.
Ambar wati Zulfia, Formulasi Ulang Strategi Pemasaran
Untuk Memenangkan Persaingan di Pasar Luar Negri di PT. SEAGA Yogyakarta, UAD
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar