Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Sabtu, 25 Februari 2012

TK 006: Penggunaan analisis SWOT dan analisis AHP untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan


BAB I
PENDAHULUAN
 

A.  Latar Belakang Masalah

Persaingan didunia bisnis saat ini semakin meningkat dengan ketat, barang dan jasa yang ada di pasaran bisa memiliki keseragaman antara produk yang satu dengan produk yang lain. Hal ini dapat terjadi karena suatu produk yang sukses di pasar akan segera diikuti oleh para pesaing dengan menghasilkan produk yang sejenis dengan produk yang sukses tersebut, maka perlu adanya peningkatan didalam strategi pemasaran perusahaan agar tetap eksis di pasaran.
Banyaknya keseragaman pada produk-produk yang terdapat di pasar, membuat para konsumen dihadapkan pada banyaknya pilihan terhadap produk yang diinginkan. Informasi yang konsumen dapatkan tentang penjelasan produk dalam kemasan tersebut tidak begitu membantu konsumen dalam menentukan keputusan dalam pembelian produk.
Karena banyaknya keseragaman produk dipasaran, konsumen cenderung lebih memilih produk yang lainnya. Produk yang memiliki perbedaan akan lebih menarik perhatian konsumen dan dapat membantu konsumen untuk mengambil keputusan pembelian produk dibandingkan dengan produk yang banyak beredar dipasaran untuk fungsi yang sama. Perbedaan produk yang berhasil dicapai oleh suatu perusahaan harus disertai dengan kualitas produk yang baik, karena produk yang berbeda dipasaran apabila tidak dibarengi dengan kualitas yang baik maka tidak akan dinikmati oleh konsumen.
Permasalahan manajemen dalam perusahaan merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Pemasaran yang dilakukan dengan strategi yang baik akan dapat menempatkan produk pada posisi yang tepat dan menguasai pasar. Pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk mengarahkan usahanya guna memuaskan konsumen dengan memperoleh keuntungan. Dan ini merupakan pemikiran baru dalam bisnis dan menggantikan cara berfikir yang mengarah pada produk.
Konsep pemasaran merupakan suatu strategi bahwa perusahaan akan mengubah cara-cara yang biasa dipakai dengan berorientasi pada pasar dan berusaha untuk menghasilkan apa yang diinginkan konsumen, perusahaan juga harus ingat pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan.
CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang kecantikan, kesehatan, kerajinan, dll. Dalam proses pembuatan produksinya perusahaan menggunakan bahan baku kelapa. Perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu mengutamakan citra perusahaan yang baik, berusaha menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Penguasaan dalam pembuatan produk terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usahanya, perusahaan juga selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan.
Karena produk CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu masih baru di pasaran dan belum adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga menyebabkan tingkat penjualan yang belum maksimal serta ketatnya persaingan-persaingan di industri dengan perusahaan-perusahaan lainnya, sehingga menuntut pihak perusahaan untuk dapat menentukan serta merencanakan strategi pemasaran yang baik bagi perusahaan.
Perusahaan juga harus dapat menyusun strategi-strategi pemasaran sebaik mungkin dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada disamping itu perusahaan harus dapat juga mengantisipasi gerakan pesaing dan ancaman.
Penetapan strategi pemasaran akan berpengaruh terhadap naik turunnya hasil penjualan perusahaan. Untuk dapat mencapai apa yang diinginkan oleh pihak perusahaan, perlu di perhatikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Mengingat kedua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap kebijakan perusahaan dalam kelangsungan kegiatan usahanya maka dengan latar belakang masalah diatas, penulis mengambil judul :
 “ Penggunaan analisis SWOT dan analisis AHP untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan”   

B.  Identifikasi Masalah

Permasalahan yang ada pada perusahaan CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu  Yogyakarta khususnya masalah strategi pemasaran yaitu :
1.  Adanya pesaing yang ketat terhadap perusahaan.
2.      Belum adanya perencanan dalam menentukan strategi  pemasaran.
3.      Belum terjalinnya komunikasi yang baik antara pimpinan dengan karyawan sehingga dalam pengambilan keputusan perusahaan selalu kurang maksimal.

C.  Batasan Masalah
Untuk menjaga agar lingkup permasalahan ini tidak terlalu luas dan agar dapat dianalisa dengan baik, maka batasan masalah :
1.      Penelitian hanya dilakukan dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan.
2.      Pembahasan hanya tentang menentukan strategi-strategi pemasaran dalam perusahaan.
3.      Analisis dilakukan dengan metode SWOT dan AHP (Analytic hierarchy process).

D.  Rumusan Masalah

1.      Bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan?
2.      Bagaimana program kerja untuk merealisasikan strategi pemasaran yang akan dilaksanakan perusahaan ?
3.      Bagaimana menentukan strategi pemasaran perusahaan yang dapat meningkatkan hasil penjualan?

E.  Tujuan Penelitian
Untuk menambah rekomendasi dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan dan mengusulkan program-program kerja yang dapat menambah volume penjualan melalui hasil peneliti dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan.

F.   Manfaat Penelitian

     Hasil dari penelitian ini, agar dapat diterapkan didalam perusahaan, dengan cara :
1.      Perusahaan dapat menerapkan hasil penelitian ini dengan memasukkan kedalam program-program kerja yang sudah disusun oleh perusahaan.
2.      Perusahaan dapat meningkatkan strategi pemasaran perusahaan melalui penerapan hasil penelitiaan ini melalui pengambilan keputusan dalam perusahaan.
3.      Meningkatkan pangsa pasar sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan sehingga dapat menguntungkan lebih besar lagi dari sebelumnya.


DAFTAR PUSTAKA

Higgins, linese. 1989, Dalam nurhayati, Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran, 2001.
KOTLER PHILIP, 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi I, penerbit pustaka utama Jakarta.
Freddy Rangkuti.2002, Analisis SWOT teknik membedah kasusu bisnis, PT. Gramedia pustaka utama jakarta
Irawan, Faried wijaya, Sudjoni, Pemasaran prinsip dan kasus, Edisi kedua, Penerbit BPFE-Yogyakarta1996
Fandy Tjiptono.1997, Startegi Pemasaran, Edisi kedua, Penerbit ANDI Yogyakarta.
Freddy Rangkuti. 1996, Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Alim, S., Strategi Pemasaran Produk Baru Merek Semen Serba Guna di PT. Holcim Indonesia Tbk, UAD.
Ambar wati Zulfia, Formulasi Ulang Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan di Pasar Luar Negri di PT. SEAGA Yogyakarta, UAD

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887


Tidak ada komentar:

Posting Komentar