Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Sabtu, 04 Februari 2012

TM 003: Perencanaan Roda Gigi Molen Lempung

BAB I
PENDAHULAN

1.1.       Latar Belakang
Dalam dunia yang sangat maju dan modern sekarang ini banyak bermunculan mesin-mesin produksi untuk membantu aktivitas manusia dalam industri suatu produk tertentu. karena dipandang proses produksi sebagai ujung tombak dari berbagai kegiatan industri, maka dituntut untuk selalu mengembangkan tekhnologi permesinan. Peningkatan produktivitas, fleksibilitas dan kemampuan pembuatan produk serta ongkos bersaing merupakan tujuan utama industri permesinan dalam rangka memenuhi tuntutan pasar dan dipandang lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga karena biasanya produksinya dalam jumlah yang banyak (partai besar).
Salah satu contoh penggunaan mesin dalam memproduksi suatu produk adalah pembuatan gendeng. Disini menggunakan mesin molen tanah liat (lempung), untuk menghaluskan dan mencampur atau mengaduk lempung dan bahan lainnya. Mesin molen tanah liat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan akan mesin produksi dan bisa mempercepat produksi sehingga menghemat waktu dan tenaga.
Untuk itu dalam tugas Perencanaan Mesin II ini penulis akan merencanakan mesin molen untuk tanah liat.



1.2.       Tujuan Penulisan
Karena mesin molen tanah liat dipandang sangat beruna dan penting maka penulis bertujuan untuk merencanakan kembali mesin molen tersebut khususnya roda gigi. Disamping tujuan diatas, maka penulis bertujuan :
-          Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh penulis dalam mata kuliah elemen mesin serta mata kuliah yan bersangkutan dengan masalah roda gigi.
-          Melengkapi tugas mata kuliah perencanaan mesin yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di fakultas teknik jurusan teknik mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta.

1.3.       Pembatasan Masalah
Dalam penulisan ini masalah yang akan dibahas dibatasi sesuai dengan kemampuan penulis. Disini penulis hanya membatasi penulisan mengenai tinjauan terhadap komponennya. Komponen yang utama dalam suatu mesin molen tanah liat ada beberapa macam salah satunya adalah roda gigi.

1.4.       Sistematika Penulisan
Mengacu pada prinsip dasar metode ilmiah, maka dapat dibuat sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I      :    Pendahuluan, berisi tentang
Latar belakag, tujuan penulisan, pembatasan masalah, sistematika penulisan dan cara kerja mesin molen.
BAB II    :    Dasar teori, berisi tentang
Macam-macam roda gigi dan bagian-bagiannya, dasar perencanaan roda gigi yang meliputi perencanaan poros, pasak, dan bantalan.
BAB III   :    Analisa peritungan, berisi tentang
Perhitungan roda gigi antara lain perhitungan poros pasak dan bantalan.
BAB IV   :    Penutup, berisi tentang
Kesimpulan serta saran-saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

1.5.       Cara Kerja Mesin Molen
Pada dasarnya mesin molen adalah mesin penggiling atau pengaduk yang digerakkan oleh mesin penggerak berupa mesin diesel. Putaran mesin diesel ditransmisikan keporos primer dengan pully dan sabuk (belt).
Poros primer tersebut menggerakkan poros pengghubung dengan pasangan roda gigi lurus, dimana roda gigi pada poros primer (input) lebih kecil dari pada roda gigi pada poros penghubung. Hal ini bertujuan untuk mereduksi (memperkecil) putaran poros penghubung. Poros penghubung menggerakkan poros sekunder (output) melalui pasangan roda gigi lurus, dimana roda gigi pada poros penghubung lebih kecil dari pada roda gigi pada poros sekunder. Semua ini bertujuan untuk memperlambat putaran poros sekunder, karena poros sekunder akan dihubungkan dengan drum penggiling, sehingga penggilingan akan lebih halus dan sempurna. Poros penghubung menggerakkan skruw (pengaduk) yang berfungsi untuk mengaduk hasil penggilingan agar campuran lebih merata dan hasilnya lebih halus. Disamping itu skruw berfugsi untruk mendorong hasil campuran keluar dari tempat pengadukkan.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887


Tidak ada komentar:

Posting Komentar