Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Minggu, 19 Februari 2012

PW 005 : Hubungan Peran Kader Posyandu Dengan Cakupan Imunisasi Campak Di Puskesmas Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2008


ABSTRAK


Campak merupakan penyakit menular dan menjadi salah satu penyebab kematian anak di negara berkembang, termasuk Indonesia. Biasanya penyakit ini timbul pada masa anak dan kemudian menyebabkan kekebalan seumur hidup. Propinsi Lampung merupakan salah satu propinsi dengan cakupan imunisasi di atas target nasional (>80%) dan angka drop out di bawah angka nasional (<10%), tetapi frekuensi Kejadian Luar Biasa khususnya kasus PD3I termasuk Campak masih sering terjadi meskipun hanya sekitar 1-2/10.000 balita setidaknya dari 100-200 balita yang meninggal tiap tahunnya 10% diantaranya disebabkan oleh campak. Pada tahun 2005 jumlah cakupan balita yang diimunisasi sebanyak 291.725 balita dengan jumlah sasaran sebanyak 27.198 bayi (9,33%). Ini berarti masih rendahnya cakupan imunisasi di Kabupaten Lampung Tengah dari target yang diharapkan sebesar 90%.  Untuk mendukung upaya peningkatan kesehatan (preventif) petugas kesehatan sangat diperlukan dalam pelaksanaannya.

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan peran kader posyandu dengan cakupan imunisasi campak di Puskesmas Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2008.

Penelitian tersebut menggunakan pendekatan cross sectional, populasi semua kader Posyandu yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah berjumlah 315 orang dan sampel 176 orang kader.  Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dengan 25 pertanyaan.  Penelitian dilaksanakan pada Januari-Februari 2009.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara peran kader dengan cakupan imunisasi campak di Puskesmas Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2008, dimana p value= 0,000 yang berarti (p<a=0,05: OR= 45,379), dengan kesimpulan masih terdapat daerah kantong yaitu desa/kampung yang berada jauh ke dalam, sulit dijangkau dengan tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakatnya masih rendah. Disarankan institusi terkait mengambil langkah-langkah diantaranya menempatkan tenaga kesehatan di Kampung tersebut dan mengadakan pelatihan kader penyuluhan masyarakat tentang imunisasi khususnya campak secara rutin dan terus meningkatkan peran serta masyarakat.  Untuk peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan peran kader Posyandu.

Kata Kunci     : peran kader, cakupan imunisasi campak
Kepustakaan   : 25 (1992 – 2007)      



DAFTAR PUSTAKA


Alwi, Hasan, dkk, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI:Edisi Ketiga. Pusat Bahasa-Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka. Jakarta. 2005.
Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Depkes RI, 1992. Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita, Depkes RI; Dirjen PKM & Direktorat Bina Kesehatan Keluarga. Jakarta.
_________, 1994, Ditjen Pembinaan Kesehatan Masyarakat. Pedoman Teknis Pembinaan Kader UPGK. Jakarta. Depkes. R.I.
_________, 1994. Pedoman Teknis Pembinaan Kader UPGK, Jakarta.
_________, 1995. Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Kegiatan Posyandu. Direktorat Jendral Pembinaan Kesehatan Masyarakat. Jakarta.
_________, 1995. Pedoman Kerja Tenaga Gizi Puskesmas, Depkes RI; Dirjen PKM. Jakarta.
_________, 2000. Pemulihan dan Sarana Kesehatan, Depkes RI.
_________, 2002. Pelaksanaan Manajemen Posyandu, Depkes RI; Dirjen PKM.
_________, 2005. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu, Depkes RI; Dirjen Puskesmas-Pokjanal Posyandu. Jakarta.
_________, 2006. Profil Kesehatan Indonesia 2005. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
_________, 2007. Profil Kesehatan Indonesia 2006. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, 2006. Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Bandar Lampung.
Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, 2006. Profil Kesehatan Kabupaten Tanggamus. Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus. Kota Agung.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar