ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxx “PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI
MATERI BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IS 3 SEMESTER 2 SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007 ”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran
yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi biosfer siswa kelas XI IS 3 semester
2 di SMA Negeri 1 Madiun dengan cara penggunaan metode diskusi. Strategi dalam
penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus
meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang
untuk mengaktifkan siswa dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IS 3 semester 2 di SMA
Negeri 1 Madiun sedang objeknya adalah pembelajaran geiografi diajarkan dengan
cara menggunakan metode pembelajaran diskusi
Dari penelitian yang diadakan
dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan
hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan
hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan
penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 25 %
dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan
pada siklus II meningkat sebear 35 %.
Dari Hasil penelitian tindakan
kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun
pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran diskusi.
Keyword
1.
Metode Pembelajaran diskusi
2.
Geografi
Penelitian Tindakan Kelas
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaena.
(1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Choiriyah, Siti (2006). Acuan
Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo : Sindhunata
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta :
Rajawali
Supono, dkk (19760, Energi Gelombang Medan I.
Jakarta : Balai Pustaka.
Suryadi, Didi. (1997). Alat
Peraga dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam . Jakarta : Ditjen
Dikdasmen D2 Karunika UT
Winkel. W.S (1987). Psikologi
Pengajaran. Jakarta
: Gramedia
Yohanes Surya (1997), Olympiade, Jakarta :
Galaxy.
Daniel Muijs dan David
Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 )
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Eerhi Suharini, Apik Budi
Santosa, Tjaturrahona. 2004. Geografi untuk Kelas XII (SMA dan MA), Bengawan Ilmu : Surakarta
Gagne, Robert M and
Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd
Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini, Bermawy
Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2004, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar