ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan Matematika pada materi Logaritma 2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajara Matematika khususnya dalam materi logaritma dengan menggunakan media alat peraga tabel. 3. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari 2007 s.d. April 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas XII IA-2 Tahun Pelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada pra
siklus siswa yang menguasai materi 49% dan yang tidak menguasai materi adalah
51%. Nilai rata-rata adalah 60,9. Pada siklus I, siswa yang menguasai materi
adalah 72% dan yang tidak menguasai materi adalah 28% atau 11 dari 39 siswa.
Nilai rata-rata adalah 67,7. Pada siklus II
siswa yang menguasai materi 77% yang tidak menguasai materi adalah 23%.
Rata-rata kelas adalah 71,3. Pada siklus II ini prestasi belajar mengalami peningkatan
dilihat dari rata-rata kelas 71,3 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 77%.
Peningkatan prestasi ini sesuai dengan yang diharapkan yaitu memenuhi KKM lebih
dari 75% dan rata-rata kelas berada di atas 70. Berdasarkan hasil tersebut maka
siklus II dinyatakan berhasil. Dengan
adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II, maka hipotesa
yang mengatakan “Penggunaan alat peraga Tabel dapat meningkatkan pemahaman dan
prestasi belajar siswa kelas XII IA-2
pada Mata Pelajaran Matematika materi Logaritma di SMA Negeri 1 Madiun Semester
II Tahun Pelajaran 2006/2007”, terbukti kebenarannya
|
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi
Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Choiriyah,
Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta
: Rajawali
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. (2006). Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara
Pratama.
Suryadi, Didi. (1997). Alat
Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta :
Ditjen Dikdasmen D2 Karunika
UT
UU No. 2
Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Winkel. W.S
(1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar