ABSTRAK
xxxxxxxxx, UPAYA MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR MANDIRI MELALUI MODEL “PROBLEM
BASED LEARNING” PADA SISWA SMP TERBUKA JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI. Penelitian Tindakan
Kelas. Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Terobosan baru untuk menciptakan kegairahan
belajar merupakan keniscayaan yang harus dilakukan guru. Pendekatan
pembelajaran konvensional sudah semestinya dibongkar dan diperbaharui dengan
pendekatan terbaru. Problem Based
Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan
motivasi belajar mandiri yang sangat dibutuhkan bagi siswa SMP Terbuka.
Tujuan penenlitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi
belajar sekaligus untuk mengetahui sejauhmana peningkatan motivasi belajar
mandiri dengan model Problem Based Learning, yang pada gilirannya mampu meningkatkan
prestasi belajar siswa. Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas
guru dalam merancang model pembelajaran sehingga akan memperkaya khasanah ide
dan pengalaman dalam bidang pembelajaran.
Penelituian ini dilaksanakan di kelas TKB Boto SMP
Terbuka Jatiroto, Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007 dengan populasi 20
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan
dokumentaer
Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning menunjukkan hasil
yang sangat signifikan. Motivasi belajar mandiri mengalami peningkatan. Hal ini
berdasar hasil pengamatan menunjukkan peningkatan sebesar 35 % dan dari data
quesionar peningkatan sampai 72.5 % sehingga rata-rata meningkat 53.75% Daya serap atau ketuntasan belajar siswa juga
mengalami peningkatan 45 % dan nilai rata-rata ulangan harian meningkat 19.6.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi
Belajar Masndiri.
DAFTAR
PUSTAKA
Anita Lie. 2002. Cooperative
Learning. Jakarta. Grassindo
Bobbi De Porter, Mark Reardon. 1999.
Quantum Teaching. Boston. Allyn and Bacon
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakartta.
Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. 2003. Contextual Teaching
and Learning. Jakarta, Dirjen Dikdas Diretorat Pendidikan
Lanjutan Pertama
Depdiknas. 2003. Kurikulum
Berbasis Kompetensi., Jakarta, Diklat
Mata Pelajaran
Goetz J.P& Le Compte,
M.D. 1984. Ethnografi and Kualitatif Desighn In Instructional Recearch,
New york, N.Y Academic Press Inc
Hall GenneE.
1986. Competency Based Educations, New Jersey: Englewood Cliffs, Inc.
Haris
Mudjiman. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta.
Lembaga Pengembangan Pendidikan(LPP) dan
UNS Press.
Kaufman, Roger,A. 1992. Educational
System Planning, New Jersey, Englewood Cliffs
Miles. M.B & Huberman A.M. 1984. Qualitatif Data Analysis: a
Sourcebook of New Methods, Beverly
Hills , CA: Sage
Publication
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan
Sarwiji Suwandi, 2003. Pendekatan Contekstual teaching and Learning
dalam mengimplementasikan KBK. Jakarta,
Sinar grafika
Spardley, J.P 1980. Participant Observation, New York, N.Y, Holt, Rinehart, and Winston
Sutopo H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta, Universitas Sebelas Maret Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisrtem
Pendidikan Nasional
……… 1995. Modul Orientasi Pengelola SMP Terbuka. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar