ABSTRAK
xxxxxxxxx Upaya
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran
Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian
Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. Mardliyah Pameungpeuk Garut)
Permasalahan
dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa
yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa
menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya
pada domain kognitif saja sehingga domain afektif dan domain psikomotor
terabaikan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional
dan tidak variatif.
Maka
dari itu peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki
aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan
kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi
pelajaran dengan baik.
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) mendapat gambaran tentang tingkat
rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak
sebelum menggunakan metode kooperatif Jigsaw, (2) mendapat gambaran
tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar akidah akhlak tentang materi
akhlak terpuji kepada Allah setelah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
digunakan, (3) bagaimana metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Ada
tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu: (1) Penerapan
metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas belajar
siswa, (3) Penguasaan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif
dan variatif. Dengan memberlakukan tindakan di atas, diharapkan aktivitas belajar
siswa semakin meningkat. Data mengenai efektivitas tindakan dikumpulkan dari
observasi kelas, angket skala sikap, wawancara dengan siswa dan refleksi.
Berdasarkan
analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi alternatif terbaik pada materi
akhlak terpuji kepada Allah, (2) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat
menciptakan pembelajaran yang partisi pasif dan multi arah, (3) Melalui
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana
kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli
terhadap suasana kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi Abu, dkk., 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Tafsir, 1992. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depag RI,
2002. Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1999. Al-Qur’an dan
Terjemahan. Jakarta:
CV. Semarang Mandiri.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Model-model Pembelajaran yang
Efektif.
Elliot J. 2001. Action Research for Educational Change. Great Britain:
Bidles Ltd.
M.
Sobary Sutikno, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Mahmud, dkk., 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Ghofar dan Jamil. 2003. Reformasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam: Pedoman Dosen, Guru dan Mahasiswa. Jakarta. Nurinsari.
Ruswandi, Uus., dkk., 2009. Teori Kepribadian dan Etika Guru. Bandung: Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Soeito, Samuel, 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjarwo, dkk., 2007. Proses Pengajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Wahidin, 2006. Pembelajaran Konvensional. Surabaya.
Untuk mendapatkan file lenngkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar