Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Rabu, 05 Oktober 2011

PTK SMP 069 : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. Mardliyah Pameungpeuk Garut)


ABSTRAK

xxxxxxxxx Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. Mardliyah Pameungpeuk Garut)

Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada domain kognitif saja sehingga domain afektif dan domain psikomotor terabaikan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan tidak variatif.
Maka dari itu peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) mendapat gambaran tentang tingkat rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan metode kooperatif Jigsaw, (2) mendapat gambaran tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar akidah akhlak tentang materi akhlak terpuji kepada Allah setelah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw digunakan, (3) bagaimana metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Ada tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) Penguasaan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan variatif. Dengan memberlakukan tindakan di atas, diharapkan aktivitas belajar siswa semakin meningkat. Data mengenai efektivitas tindakan dikumpulkan dari observasi kelas, angket skala sikap, wawancara dengan siswa dan refleksi.
Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi alternatif terbaik pada materi akhlak terpuji kepada Allah, (2) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan pembelajaran yang partisi pasif dan multi arah, (3) Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi Abu, dkk., 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Tafsir, 1992. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depag RI, 2002. Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1999. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: CV. Semarang Mandiri.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Model-model Pembelajaran yang Efektif.
Elliot J. 2001. Action Research for Educational Change. Great Britain: Bidles Ltd.
M. Sobary Sutikno, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Mahmud, dkk., 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Ghofar dan Jamil. 2003. Reformasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pedoman Dosen, Guru dan Mahasiswa. Jakarta. Nurinsari.
Ruswandi, Uus., dkk., 2009. Teori Kepribadian dan Etika Guru. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Soeito, Samuel, 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjarwo, dkk., 2007. Proses Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahidin, 2006. Pembelajaran Konvensional. Surabaya.

Untuk mendapatkan file lenngkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar