ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMU Negeri 1 Madiun. 2. Meningkatkan kemampuan siswa SMU Negeri 1 Madiun khususnya kelas III IPA 2 dalam memahami konsep Suku Banyak. 3. Membangkitkan minat belajar siswa untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih optimal. 4. Mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran yang ditampakkan pada keaktifan siswa dalam kelompoknya.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari sampai dengan April 2004. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMUN 1 Madiun pada kelas III IPA 2 Semester II Tahun Pelajaran 2003/2004. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada kondisi awal/pra siklus, 21 siswa atau 47% tidak tuntas dan 24 siswa atau 53% tuntas. Hasil siklus I adalah sebanyak 33 siswa atau 73% tuntas, sedangkan 12 siswa atau 27% siswa tidak tuntas. Sementara rata-rata prestasi belajar 67,2 berada di bawah rata-rata 70. Pada Siklus II sebanyak 37 siswa atau 82% tuntas dan 8 siswa atau 18% tidak tuntas. Ketuntasan 82% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode kerja kelompok telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang mengatakan: “Dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada konsep Suku Banyak bagi siswa kelas III IPA 2 SMU Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2003/2004”, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie. 2005. Mempraktikkan
Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi
Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock.
1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Herman Hudojo, 1990. Strategi
Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.
Koko Martono, R. Eryanto, Firman Syah
Noor, (2007). Matematika dan Kecakapan Hidup, Untuk SMA 12A. Bandung :
Ganeca Exact.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori
Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan
Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi
Belajar Mengajar. Surakarta : UNS
Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran.
Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar