ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx, Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi
Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Teknik Diskusi Di Kelas VII MTs.
Bustanul Ibad Kota
Bekasi Tahun Pelajaran 2009-2010
Performance
siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi
penting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya.
Hal ini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya
prestasi belajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Proses belajar mengajar
dibedakan menjadi dua dimensi, yaitu dimensi cara menguasai pengetahuan dan
dimensi cara menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah
ada. Rendahnya perolehan prestasi belajar akidah akhlak di MTs. Bustanul Ibad
menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada
kompetensi iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas
VII MTs. Bustanul Ibad.
Penelitian ini
diharpakan bermanfaat bagi siswa bahwa pembelajaran dengan metode teknik
diskusi memberikan pengalaman bari
diharapkan memberikan kontribusi terhadap peningkatan belajarnya. Di samping
itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkan masalah. Bagi
guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional dan
pembelajaran dengan metode teknik diskusi menjadi alternatif pembelajaran
akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi siswa.
Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji
lebih mendalam penggunaan metode teknik diskusi. Dalam pembelajaran akidah
akhlak yang membantu siswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan
dunia nyata dan ingin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode
diskusi tersebut.
Berdasarkan
analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I, II dan III dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs. Bustanul Ibad pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai
nilai 57,7% termasuk kualifikasi rendah dan pada siklus II dengan menggunakan
metode diskusi mencapai nilai 75% maka angka tersebut kualifikasi sedang. Pada
siklus III mencapai nilai 83% maka angka tersebut kualifikasi tinggi. Akhirnya
berarti bahwa setelah siklus III semua subjek mengalami peningkatan prestasi
belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode teknik diskusi.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi,
2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bina Aksara
Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Wacana Prima
Departemen Agama RI 2007 ”
KTSP Mata Pelajaran AQIDAH AKHLAK”
Ibrahim, T. 2007. Membangun Akidah Akhlak KelasVII. Surakarta: Tiga Serangkai
Margono. 2004. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusmansyah, Taofik. 2008.
Aqidah dan Akhlak. Bandung: Grafindo.
Zaini, Hisyam. Dkk. 2008. Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan
Madani.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar