ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxx “PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI MENGGUNAKAN
INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI PADA SISWA KELAS IX BSEMESTER 1 SMP NEGERI
3 KARANGJATI TAHUN PELAJARAN 2007/2008”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran
yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi wilayah dan pusat pertumbuhan
bagi siswa kelas IX B semester 2 di SMP Negeri 3 Karangjati dengan cara penggunaan
metode demonstrasi pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas
ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan
perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini ,
peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelaS IX B semester 2 di SMP Negeri
3 Karangjati sedang objeknya adalah pembelajaran menggunakan internet untuk
memperoleh informasi pada mata pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi yang diajarkan dengan cara demonstrasi
dan mengaktifkan siswa.
Dari penelitian yang diadakan
dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan
hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan
hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi Menggunakan internet untuk
memperoleh informasi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai
dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 30 % dari kondisi awal sedang dari
kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 20
%.
Dari Hasil penelitian tindakan
kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana
pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran
dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran demonstrasi.
Keyword
1.
Metode Pembelajaran Demonstrasi
2.
Menggunakan internet untuk memperoleh informasi
DAFTAR PUSTAKA
Arifin
Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Choiriyah,
Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo :
Sindhunata
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta :
Rajawali
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Ilmu
Pengetahuan Alam . Jakarta
: Ditjen Dikdasmen D2 Karunika
UT
Winkel. W.S
(1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Yohanes
Surya (1997), Olympiade, Jakarta
: Galaxy.
Daniel Muijs dan David
Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 )
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Gagne, Robert M and
Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd
Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini, Bermawy
Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2004, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar