ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Mngetahui penggunaan metode team teaching dan diskusi kelompok terahdap efektifitas pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun. Semester I Tahun pelajaran 2006/2007. 2. Mengetahui penggunaan metode team teaching dan diskusi kelompok terhadap peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun pelajaran 2006/2007.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan September 2006 s. d. November 2006. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2006/2007 Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas: Pada pra siklus 25 siswa atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa atau 37,5% tuntas. Siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Siklus II sebanyak 34 siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas maka hipotesis yang mengatakan: 1. Dengan metode Team Teaching dan Diskusi Kelompok akan efektif dalam pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode Team Teaching dan Diskusi Kelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun pelajaran 2006/2007, terbukti kebenarannya.
|
DAFTAR PUSTAKA
Choiriyah,
Siti. 2006. Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta
: Rajawali
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT.
Remaja Rosdakarya.
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2004. Matematika SMA. Untuk Kelas X Program Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses
Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha,
FPIPS IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang,
Penerbit Effhar Publishing.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan
Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi
Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta,
Penerbit Gaung Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik
Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta,
Penerbit Rineka Cipta.
Suryadi, Didi. 1997. Alat Peraga
dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen
Dikdasmen D2 Karunika UT
Tri Wahyono. 2004. Matematika
SMA. Untuk Kelas X Program Ilmu Alam. Surakarta
: Penerbit PT. Mefi Caraka
UU No. 2
Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Winkel. W.S.
1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar