ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk
meningkatkan prestasi belajar Matematika khususnya dalam Pokok Bahasan
Persamaan Kuadrat dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas X H SMA
Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan September 2005 s.d. November 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas X H Tahun Pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM (> 67) yaitu 15 dari 37 siswa atau 40,5%. Siswa yang tidak mencapai KKM (< 67) adalah 22 siswa atau 59,5%. Nilai rata-rata adalah 61,76. Siklus I: Siswa yang mencapai KKM adalah 24 siswa atau 64,9%. Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 13 siswa atau 35,1%. Nilai rata-rata adalah 68,27. Siklus II, siswa yang mencapai KKM adalah 34 siswa atau 91,9%. Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 3 siswa atau 8,1%. Nilai rata-rata adalah 75,03, Pada siklus II ini rata-rata kelas 75,03 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 91,9%. Peningkatan prestasi ini telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan lebih dari 75% dan rata-rata kelas berada di atas 75. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II, maka hipotesis yang mengatakan “Penggunaan metode Drill dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas X H pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”, terbukti kebenarannya.
|
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi
Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Choiriyah,
Siti. 2006. Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta
: Rajawali
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2006. Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara
Pratama.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses
Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha,
FPIPS IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang,
Penerbit Effhar Publishing.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi
Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta,
Penerbit Gaung Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik
Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta,
Penerbit Rineka Cipta.
Suryadi, Didi. 1997. Alat Peraga
dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen
Dikdasmen D2 Karunika UT
UU No. 2
Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Winkel. W.S. 1987.
Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar