ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx 2006, Meningkatkan
Ketahanan Pribadi Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam Belajar
Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Kata-kata Kunci :
Ketahanan Pribadi, Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Dari hasil angket dan pengamatan siswa kelas VII-A terdapat banyak siswa
yang ketahanan pribadinya dalam belajar matematika masih rendah. Melalui
pembelajaran kooperatif diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari siklus ke siklus
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan senantiasa
meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok.
Setelah penelitian berlangsung selama tiga siklus dapat disimpulkan bahwa :
1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa
SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika, 2) ketahanan pribadi siswa
meningkat dengan indikator 63% siswa berani bertanya, 60% siswa berani
berpendapat, 83% siswa berani memulai pekerjaan dan kebiasaan mencontoh kuis
pekerjaan teman baru mencapai 57,5%.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi
pendorong bagi guru-guru untuk mengikuti kegiatan ini dan mengajak guru yang
lain untuk melaksanakan penelitian tindakan dengan tema yang lain dalam upaya
meningkatkan profesionalisme guru.
DAFTAR RUJUKAN
As’ari, Abdurrahman. 2000. Pembelajaran Matematika yang Demokratis.
(makalah). FMIPA UM, Malang.
Amin, Siti. 2002. Kegiatan Belajar Mengajar
Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. (makalah). FMIPA UNESA,
Surabaya.
As’ari, Abdurrahman. 2003. Penggunaan Komputer (Multi Media)
Dalam Konteks Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Cooperative Learning.
(makalah). FMIPA UM, Malang.
Depdiknas. 2002. Pelaksanaan
Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum Balitbang Depdikas.
Depdiknas. 2002. Ringkasan
Penilaian Berbasis Kelas. Pusat Kurikulum Balitbang Depdikas.
Depdiknas. 2002. Ringkasan
Kegiatan Belajar Mengajar. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
____________,
1990. Pengajaran Remidial, Jakarta, Depdikbud.
Ibrahim, Muslimin; Fida
Rachmadiarti; Mohamad Nur; Ismono. 2000. Pembelajatan Kooperatif.
PSMS, Program Pasca Sarjana. Suarabaya : UNESA-University Press.
Soejadi. S 1990. Program
Perbaikan bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar, Jakarta.: IKIP
Jakarta
Tim Instruktur PKG.1992. Pedoman
Pelaksanaan Diskusi Kelompok,Yogyakarta, P3G Matematika
_____________, 1999. Penelitian Tindakan (Action Research).Jakarta,
Depdikbud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar