ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe
Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Di Kelas VII MTs Negeri Sungai Besar Ketapang
Permasalahan
dalam proses belajar mengajar dewasa ini kecenderungan umum bahwa siswa yaitu
memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan
sebagian kecil saja potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada pengetahuan
saja sehingga sikap dan tingkah laku terabaikan. Begitu juga dengan bentuk
pembelajara yang konvensional dan tidak variatif. Maka dari itu peneliti
mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan agar siswa
memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Adapun tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar
siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Upaya penelaahan
masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Dengan model
STAD ini diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah
akhlak meningkat.
Adapun tiga tindakan
yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu (1) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Bagaimana hasil
belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari tindakan di atas, diharapkan aktivitas cara belajar siswa semakin
meningkat. Data mengenai efektifitas tindakan dikumpulkan dari observasi, tes,
wawancara, kuesioner dan diskusi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri Sungai Besar pada siklus 1 dengan
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 5,48, (2)
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Sungai Besar pada
siklus 2 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai
rata-rata 6,53, (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs. Negeri Sungai Besar pada siklus 3 dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 7,33.
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar