ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini
adalah yaitu: 1. Melalui metode
pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi
Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran
2004/2005”. 2. Melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4
SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”.
Penelitian ini
mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan
yaitu bulan Pebruari 2005 s. d. April 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan
Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas III IA 4 Tahun Pelajaran 2004/2005.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis
Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian
dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan
dan 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada kondisi awal kelas III IPA 4, hasil evaluasi Materi Pokok Dimensi Tiga, sebanyak 20 siswa atau 55,6% tidak tuntas, sedangkan yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 44,4%. Siklus I: 26 siswa atau 72,2% tuntas, sedangkan 10 siswa atau 27,8% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75% maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Ssiklus II adalah keseluruhan siswa sebanyak 36 siswa atau 100% tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 100% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode penugasan telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut : 1. Dengan metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005” terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”, terbukti kebenarannya.
|
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur.
Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta : Rajawali
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang
: IKIP Malang.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.
Jakarta : Gaung PErsada Pres.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan
Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas
Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta
: UNS Press.
Siti
Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,
UU No. 2
Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wagiman, 2003. Prioritas Matematika dalam Penerapan Kehidupan 3,
Untuk SMA / MA Program IPA. Surakarta : Widya Dita.
Winkel. W.S
1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar