ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran pokok bahasan -Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun. 2. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun. 3. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007 s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas XII IA. 1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada pra siklus sebanyak 20 siswa atau 49% tidak tuntas dan 21 siswa atau 54% tuntas. Hasil siklus I adalah sebanyak 29 siswa atau 71% tuntas, sedangkan 12 siswa atau 29% siswa tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 41 siswa atau 100% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis yang mengatakan : 1. Metode kooperatif model Jigsaw akan efektif dalam pembelajaran Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun, terbukti kebenarannya. 2. Metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun, terbukti kebenarannya. 3. Metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi
Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock.
1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta
: Rajawali
Herman Hudojo, 1990. Strategi
Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori
Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan
Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi
Belajar Mengajar. Surakarta
: UNS Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Wagiman, 2003. Prioritas Matematika
dalam Penerapan Kehidupan 3, Untuk SMU / MA Program IPA. Surakarta : Widya Dita.
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar