ABSTRAK
xxxxxxxx 2011. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menyusun narrative text menggunakan
series of pictures dengan pendekatan kontekstual (CTL). Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Pembimbing: (1) Imroatus
Solikhah, S.Pd., M.Pd. (2) Ratih Wijayava, S.Pd., M.Hum.
Kata
Kunci: Meningkatkan, Narrative text, Series of Pictures, CTL.
Observasi
awal menunjukkan bahwa Kompetensi menulis (writing) siswa kelas VIII A
MTs NU Tengguli Jepara masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan
menyusun Narrative Text. Hasil observasi kelas menunjukkan siswa kurang
termotivasi dalam pembelajaran menulis narrative. Permasalahan tersebut
menyebabkan hasil belajar menulis narrative kurang maksimal yang berdampak
tidak tercapainya KKM.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narrative text menggunakan
series of pictures dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII A
MTs NU Tengguli kabupaten jepara.
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam tiga siklus. Setiap
siklus terdiri dari perencanaan (planning) Pelaksanaan (Action) Pengamatan
(Observation) dan refleksi (Reflection). Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A MTs NU Tengguli Tahun pelajaran 2010/2011. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Untuk data
kuantitatif, peneliti menggunakan pretest dan posttest sedangkan
data kualitatif, peneliti mengadakan pengamatan langsung di kelas, interviu,
dan kuesioner. Analisis data kuantitatif, digunakan deskriptif statistik
sedangkan analisis data kualitatif digunakan metode Constant Comparative yang
didesain oleh Strauss dan Glasser.
Berdasarkan
data yang diperoleh, nilai rata-rata aktifitas siswa mengalami peningkatan.
Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 57.8, pada siklus II ratarata nilai
siswa adalah 62, dan pada pada siklus III rata-rata nilai siswa adalah 71. Ada
peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyusun narrative
text menggunakan series of pictures dengan pendekatan kontekstual.
Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa. Pada awalnya,
siswa tidak mempunyai motivasi dan tidak tertarik pada pelajaran bahasa Inggris,
namun setelah diadakan penelitian dengan menggunakan media series of
pictures dengan motode pendekatan kontekstual, hasilnya menunjukkan bahwa
penelitian tersebut bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun narrative
text pada siswa kelas 8A MTs NU Tengguli Kabupaten Jepara.
Saran
yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu penggunaan media series of
pictures dan strategi CTL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran
aspek menulis (writing) terutama narrative text dan Jenis jenis teks
(genre) lainnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. Prof. 2002. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian
tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.
Bandono.2008.http://bandono.web.id/2008/03/07/menyusun-modelpembelajarancontextual-teaching-and-learning-ctl.php.
Bowen, Betty Morgan. 1994. Look Here!
Visual Aid in Language Teaching. Mac Millan Publisers LTD: London.
Burn, Anne. 1999. Collaborative Action Research for English Language Teacher. United Kingdom:
Cambridge University Press.
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa
Inggris 1& 2. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
_______ 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gerot, Linda And Peter Wignell. 1995. Making sense of
functional Grammar. Australia: gerd stabler.
Hammond et al. 1992. English for
special purposes: A Handbook for Teacher of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.
Hornby, A.S. 2006. Oxford Advanced
Learner's Dictionary Of Current English. Oxford: Oxford University Press.
Irawati, Ratih.
2008. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk
menngkatkan aktifitas dan hasil belajar pokok bahasan Koloid siswa kelas XI SAM
N I Kendal. Skripsi. UNS Semarang.
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual
Teaching and Learning. Corwin Press Inc: Thousand Oaks, California.
Kasbolah, E.S.Kasihani.2001. Penelitian
tindakan kelas. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Kushartati, Arijani.2008. Improving The Student's Ability In Constructing Recount Text By
Using Series Of Picture In Contextual Teaching And Learning. Skripsi.
Sebelas Maret University Surakarta.
Meilianan, Azizah
Noor. 2008. Teaching Narrative text of the third grade machine students of SMK Wisuhuda Karya
Kudus using reciprocal teaching technique
in academic year 2007/2008. Skripsi. UMK Kudus.
Moleong, Lexy J. Prof. DR 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran
Konstektual dan Penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Priyana, joko, Amys R Irjayanti, dan
Virga Renitasari. 2008. SCAFFOLDING. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.
Raimes, Ann. 1983. Techniques In Teaching Writing. Oxford University
Press.
Setiawan, Otong. 2007. Genre. Bandung: Yrama Widya.
Strauss And Olaser. 1980. The Discovery of Grounded Theory.
Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine Publising Company.
Soekartiwi, 1996. Rancangan
Instruksional. Jakarta: PT. Raja Grafmdo Persada.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung:
Wacana Prima.
Yuliani, Marta. 2008. A Guide To Write Narrative Text. Bandung: Pakar
Raya.
______, 2008. Identifying
Kinds Of Genre. Bandung: Pakar Raya.
http://www.whasit.blogspot.com/2009105/contoh karya
-ilmiah.html
pJ/www.slideshare.net/abeyaw/pembelajaran-kontekstualcontextual-teaching
ndrrg-ctl
pak saya minta yang ini biar ditampilkan lebih lengkap
BalasHapus