ABSTRAK
XXXXXXXX. 2006. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas
VII Semester 1 SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo dengan Menggunakan Metode Conference
Writing
Kata Kunci : Menulis, Cerpen,
Metode Conference writing.
Pembelajaran
menulis cerpen terdapat dalam pembelajaran kelas VII semester
I. Pembelajaran menulis masih belum
banyak mendapat perhatian dari guru. Siswapun masih kurang terbiasa untuk
menulis, apalagi menulis cerpen.
Hal ini perlu
didefinisikan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen masih relatif rendah,
indikatornya sebagai berikut : (a) Siswa kesulitan menemukan ide / tema, (b)
Kesulitan menambah kalimat pertama untuk
memulai menulis dan (c) Siswa sering menulis kalimat kurang padu.
Sehingga dapat dirumuskan : Bagaimana metode conference writing dapat membantu
siswa menemukan ide / tema. Membantu menemukan kalimat pertama mengawali
menulis, dan membantu menggunakan kalimat yang padu dalam menulis cerpen.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen yang
berdasarkan pada refleksi kehidupan sehari-hari dengan metode conference writing,
khususnya pembelajaran menulis cerpen di lingkungan di SMP Negeri siswa kelas
VII semester I. Penelitian ini di rancang
secara kualitatif untuk mendapatkan keakuratan hasil penelitian tindakan
kelas yang dilakukan.
Skor
hasil menulis cerpen menggunakan metode conference writing (menulis bersama)
dikelompokkan menjadi tiga penilaian , selanjutnya akan dihitung berdasarkan
nilai rata-rata atau mean dari skor perolehan siswa tersebut.
Simpulan
penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen dengan metode conference writing
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candi mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan
metode conference writingdikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 6,90.
Sedangkan setelah diadakan peningkatan dengan metode conference writing (menulis
bersama) hasilnya meningkat menjadi 7,69 dan putaran ketiga meningkat menjadi
8,46.
Berdasarkan hasil
penelitian, dapat disarankan bahwa semua guru diharapkan memberikan pelayanan,
motivasi dan mencari kelemahan-kelemahan siswa serta memecahkannya sehingga
prestasi siswa akan lebih baik. dan akan mendapatkan metode-metode baru yang
berguna untuk meningkatkan prestasi siswa, sehingga perkembangan pendidikan ke
depan akan lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Asron dkk. 1997. Dari Narasi
hingga Argumentasi. Jakarta.
Erlangga
Azwar, Saifudin. 1998. Metode
Penelitian. Jogjakarta.
Pustaka Belajar
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta
Djamarah, Bahri, S dan Aswan,Z 1996. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta.
Rineka Cipta
Gugus, Mardini. 1999. Peningkatan Ketrampilan menulis Puisi
Menggunakan Metode Conference Writing. Jurnal Gentengkali No 3 Tahun III Surabaya Proyek PPM SLTP
JATIM
Kasihani, Kasballah. 1998 Penelitian
Tindakan Kelas. Malang.
IKIP Malang
Keraf, Gorys. 1990. Komposisi,
Ende. Nusa Indah
Moeliono, M.Anton. 1993. Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdikbud
Soedarsono, F.X. 1997. Pedoman
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas : Rencana Desain dan Inplementasi. Jogjakarta : Dirjen Dikti
Suyuti, Sumitro A. 1997. Apresiasi
Prosa Fiksi. Jakarta.
Depdikbud
Syafi’i, Imam. 1998. Retorika
Dalam Menulis. Jakarta.
P2LPTK
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis
Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
__________, 1991. Metode
Pengajaran Bahasa. Bandung.Angkasa.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi / sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar