ABSTRAK
xxxxxxxx“Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) di Kelas VII-A MTs Al-Mardliyah
Pameungpeuk Garut
Berdasarkan
latar belakang bahwa peserta didik dipandang dalam kegiatan pembelajaran
sebagai individu dan sosial. Setiap peserta didik memiliki perbedaan minat (interest),
kemampuan (ability), kesenangan (preference), pengalaman (experience),
dan cara belajar (learning style). Sehingga guru disamping memikirkan
bahan pelajaran, hendaklah ia memikirkan cara agar mudah dimengerti dan dapat
meningkatkan prestasi. Salah satu metodenya adalah dengan Mastery Learning (belajar
tuntas).
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru menggunakan Mastery
Learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs. Al-Mardliyah Pameungpeuk
Garut dan untuk mengetahui daya serap peserta didik dalam pembelajaran akidah
akhlak dengan Mastery Learning.
Berpijak dari
masalah yang ada, pembelajaran Mastery Learning dalam mata pelajaran
akidah Akhlak harus disesuaikan dengan karakteristik penguasaan materi yang
dipelajari. Menurut hasil pengamatan dan observasi di lapangan khususnya di
MTs. Al-Mardliyah Pameungpeuk Garut,
fenomena yang terjadi dewasa ini cenderung adanya penurunan prestasi belajar
siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik intern maupun ekstern.
Salah satu yang menjadi faktor menurunnya siswa adalah metode yang digunakan
guru dalam proses belajar mengajar, sehingga hal ini membuat peneliti untuk
mencoba menggunakan Mastery Learning untuk meningkatkan prestasi siswa.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggunakan alat
pengumpul datanya dengan observasi, wawancara dan tes. Pendekatan analisis yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Berdasarkan
hasil pengolahan data, ditemukan hasil prosentasi dari para siklus adalah
sebagai berikut:
-
Pra-Siklus,
nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa adalah 62,71%
-
Siklus
I, dihasilkan nilai rata-ratanya adalah 75,57%
-
Siklus
II, dihasilkan nilai rata-ratanya adalah 80%
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, (1997), Media Pengajaran, Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Darsono,
Max, dkk., (2001), Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama
Islam.
Dimyati dan Mudjiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran,
Jakarta: Rineka
Cipta.
Hadi, Nur, (2002), Pendekatan Kontekstual,
Jakarta: Depdiknas.
Harjanto, (2006), Perencanaan Pembelajaran,
Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, (2007), Proses Belajar Mengajar,
Bandung: Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk., (2003), Perencanaan Pengajaran,
Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E., (2004), Kurikulum Berbasis Kompetensi,
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mohadjir, Noeng, (2002), Ilmu Pendidikan dan Perubahan
Sosial: Suatu Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta: Rake
Sarasin.
Mulyana, E., (2006), Kurikulum Berbasis Kompetensi,
Konsep, Karakteristik dan Konsep, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, (2007), KTSP, Dasar Pemahaman dan
Pengembangan, Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkencana, Wayan dan PPN Sunartana, (1986), Evaluasi
Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Nurdin, Syafruddin, (2005), Guru Profesional dan
Implementasi Kurikulum, Jakarta: Kuantum Teaching.
Nur Hadi, (2002), Pendekatan Kontekstual,
Depdiknas: Jakarta.
Naim, Ngainun, (2007), Materi Penyusunan Desain
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, S., (2005), Berbagai Pendekatan dalam Proses
Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina, (2007), Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.
Sudarman, (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar, Jakarta: Rajawali.
Sudjana, Nana, (2001), Media Pengajaran, Bandung:
Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana, (2001), Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana, (2006), Penilaian Hasil Belajar,
Bandung, Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, (2006), Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Wardani, I.G.A.K., (2004), Pemantapan Kemampuan Guru
Mengajar, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Waridjan, (1991), Tes Hasil
Belajar Gaya Objektif, Semarang: IKIP Semarang Press.
Warji R, (1983), Program Belajar Mengajar Dengan
Prinsip Belajar Tuntas (Mastery Learning), Surabaya: Institut Dagang.
Winkel, WS., (1996), Psikologi Belajar, Jakarta:
Gramedia.
Yamin, Martinis, (2007), Profesional Guru dan
Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press.
Zayadi, (2005), Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Zuhairini, (1998), Metodologi Pendidikan Agama,
Surabaya: Usaha Nasional.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
JUDUL2 PTK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar